Membedah Anggaran Tim Balap MotoGP, Minimal Rp150 Miliar

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 21 Juni 2020 | 08:00 WIB
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, akhirnya menjajal motor Yamaha M1 2020 dalam hari kedua tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, 8 Februari 2020. (TWITTER.COM/SEPANGRACING)

BOLASPORT.COM - Pengeluaran tim balap MotoGP menjadi salah satu pertanyaan yang bikin penasaran. Biaya yang harus disiapkan pun tidak sedikit.

Pepatah mengatakan uang bisa membeli kebahagiaan. Di MotoGP pun sama, ratusan miliar bisa dikeluarkan demi menjadi yang tercepat di lintasan.

Bicara soal bujet, tim pabrikan di MotoGP jelas memiliki pengeluaran paling banyak dibandingkan tim satelit atau independen.

Pabrikan bertabur gelar yaitu Honda diklaim bisa menghabiskan 70 juta euro setiap tahunnya. Apabila dirupiahkan, angkanya bisa mencapai 1,1 triliun!

Baca Juga: Valentino Rossi dkk Minggir, Saatnya Anak Muda yang Tantang Marc Marquez di MotoGP

"Saat ini Honda menjadi perusahaan yang menghabiskan uang lebih banyak, sekitar 70 juta euro," kata pengamat MotoGP, Carlo Pernat, dilansir BolaSport.com dari GPOne.

"Kemudian 50 juta euro (Rp795 miliar) untuk Ducati dan Yamaha, 30 juta euro (Rp477 miliar) untuk Suzuki dan KTM, 20 juta euro (Rp318 miliar) untuk Aprilia."

"Angka-angka ini baru indikasi," ucap mantan manajer tim balap Aprilia tersebut menambahkan.

Lantas, bagaimana dengan tim independen di MotoGP? Menurut The-Race, anggaran tim swasta di kelas premier berada di kisaran 10-15 juta euro (150-230 miliar rupiah) per musim.

Baca Juga: KILAS BALIK - Marc Marquez Absen dari Latihan Bebas Setelah Makan Bakso