Sudah Miliki 4, Timnas Malaysia Buru Lagi Pemain Keturunan di Luar Negeri

By Metta Rahma Melati - Selasa, 30 Juni 2020 | 10:00 WIB
Para pemain timnas Malaysia berselebrasi saat mencetak gol ke gawang Thailand dalam lanjutan pertandingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (14/11/2019). (FA MALAYSIA)

BOLASPORT.COM - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terbuka pada pemain keturunan di luar negeri untuk membela tim nasonal.

FAM akan menyambut informasi yang diberikan oleh penggemar yang tahu tentang pemain keturunan yang bermain di luar negeri.

Pemain keturunan yang dimaksud adalah orang yang memiliki hubungan leluhur dengan negara yang ingin ia bela.

Terbaru sebagai contoh, Marcel Kalonda dari Zambia dikatakan berminat mengenakan seragam Malaysia.

Ia ditemukan oleh penggemar untuk Malaysia, pemain asal Afrika itu dapat memenuhi syarat sebagai pemain keturunan karena kakeknya berasal dari Sabah.

Baca Juga: DUEL KLASIK - 30 Juni 1996, Golden Goal Oliver Bierhoff Bawa Jerman Juara Euro 1996

BolaSport.com melansir dari New Straits Times, Ketua Komite program naturalisasi FAM, Datuk Wira Yusoff Mahadi mendesak para perekomendasi untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang para pemain sebelum mengirimkan nama mereka.

"Kami menyambut mereka yang ingin datang dan bermain untuk Malaysia. Tetapi kami tidak memiliki tidak yang cukup untuk melakukan pemantauan (untuk pemain keturunan Malaysia). Mereka yang memiliki informasi dapat membantu kami," ujarnya.

Akan tetapi, Yusoff menekankan bahwa para pemain ini harus sungguh-sungguh dan berkomitmen memperkuat timnas MAlaysia.

Hal itu diperlukan setelah Harry Edge dari Selandia Baru yang dinilai sebagai prospek pemain keturunan mengatakan tidak tertarik berman untuk Malaysia.