Fabio Quartararo Diselidiki FIM soal Pelanggaran Uji Coba Motor MotoGP

By Delia Mustikasari - Jumat, 3 Juli 2020 | 19:20 WIB
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, saat beradu mencari catatan waktu terbaik di tes pramusim MotoGP 2020 Qatar, Sabtu (22/2/2020). (twitter.com/sepangracing)

BOLASPORT.COM - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjadi salah satu pembalap yang tengah diselidiki Federasi Motosport Internasional (FIM) tentang kemungkinan pelanggaran aturan pengujian motor menjelang balapan MotoGP.

Tidak ada nama atau kelas balap yang telah dirilis FIM. Namun, sebuah pernyataan FIM mengatakan motor yang digunakan saat latihan memakai jenis mesin yang diizinkan bagi pembalap saat latihan.

Dengan kata lain, FIM mencurigai beberapa pembalap telah menggunakan mesin yang dianggap terlalu mirip dengan mesin motor untuk dipergunakan pada balapan MotoGP.

Baca Juga: Kata Franco Morbidelli soal Peluang Berduet dengan Valentino Rossi

Seperti dilansir BolaSport.com dari Crash, dengar pendapat untuk pembalap yang mungkin telah melanggar aturan harus dijadwalkan dilakukan di Sirkuit Jerez, Spanyol agar FIM bisa menyelidiki lebih lanjut.

Seri balap GP Spanyol pada 17-19 Juli mendatang akan menjadi balapan pembuka MotoGP 2020. Sebelumnya, akan dilakukan tes pada 15 Juli.

Kini muncul pertanyaan tentang spesifikasi dan status pemberitahuan sebelumnya untuk motor R1 yang baru-baru ini digunakan oleh Fabio Quartararo.

Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge mengatakan bahwa siapa pun yang berencana untuk berpartisipasi dalam latihan di sirkuit harus meminta persetujuan terlebih dahulu dari FIM.

Persetujuan ini meliputi motor yang akan mereka gunakan, terutama perubahan standar motor demi menghindari risiko melanggar peraturan secara tidak sengaja.

Fabio Quartararo bersama tim sebelumnya melakukan tes privat di Sirkuit Paul Richard, Prancis pada 20 Juni.