Taufik Hidayat dan Pelatih China asal Indonesia Beri Pesan untuk Lin Dan

By Delia Mustikasari - Minggu, 12 Juli 2020 | 11:50 WIB
Para legenda bulu tangkis (dari kiri ke kanan), Taufik Hidayat, Peter Gade, Lee Chong Wei, Lin Dan ( THE LEGENDS VISION )

BOLASPORT.COM - Lin Dan (China) pertama kali tampil di hadapan publik pada Kamis (9/7/2020) atau lima hari setelah dia mengumumkan pensiun sebagai pebulu tangkis pada 4 Juli kemarin.

Lin Dan mendapat sambutan hangat dari para penggemar bulu tangkis ketika menghadiri konferensi pers di Shanghai yang diorganisir oleh sponsornya, produsen peralatan bulu tangkis Yonex.

Dalam konferensi pers tersebut, Lin Dan mengungkapkan alasannya gantung raket yakni karena mengalami cedera selama bertahun-tahun cedera dan fakta bahwa dia tidak bisa fokus dan berlatih seperti dulu.

Baca Juga: Link Live Streaming UFC 251 Kamaru Usman vs Jorge Masvidal, Sebentar Lagi Berlangsung

Selama konferensi pers, para pebulu tangkis elite dunia, baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif memberikan testimoni kepada peraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 itu.

Selain itu, mantan pelatih Lin Dan asal Indonesia, Tong Sin Fu juga turut memberikan pesan dalam video yang ditampilkan saat konferensi pers.

"Lin Dan, sebagai atlet yang sangat sukses, saya yakin Anda akan menjalani kehidupan yang jauh lebih menyenangkan setelah pensiun!" kata Tong Sin Fu dilansir BolaSport.com dari Badminton Planet.

Tong Sin Fu adalah mantan pemain hebat, pelatih hebat, seorang guru, dan panutan para legenda bulu tangkis Indonesia. Tong lahir di Teluk Betung, Lampung, 13 Maret 1942.

Kariernya memang tidak terdengar oleh dunia karena saat masih muda dia memutuskan bermain di China.

Kala itu, Indonesia dilanda prahara politik. Di China, Tong muda tidak ada lawannya. Namun, kebijakan China yang agak tertutup dengan dunia luar membuat kiprah Tong sampai batas nasional saja.