Tak Pernah Minta Bantuan Pemerintah, PSSI Dipaksa Kemenpora

By Wila Wildayanti - Senin, 27 Juli 2020 | 21:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, bersinergi dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara PSSI dengan Kemenpora di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta (27/7/2020). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - PSSI menerima bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp50,6 miliar untuk fasilitas timnas U-19 Indonesia dalam menjalani persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Dalam kesempatan penandatanganan nota kesepahaman pada Senin (27/7/2020), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa PSSI selama ini menjadi satu-satunya cabang olahraga (cabor) yang tidak menerima bantuan dari pemerintah.

Seperti diketahui, selama ini Kemenpora selalu menggelontorkan bantuan dana kepada cabang-cabang olahraga setiap tahun.

Baca Juga: Semua Elemen Menyatu pada Jersey Tandang Timnas Indonesia

Tetapi, PSSI selama ini hampir tidak pernah menerima bantuan dari Kemenpora.

Oleh karena itu, saat ini dalam rangka persiapan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah, Kemenpora pun memberikan bantuan.

 

“Kami sangat paham karena PSSI tak terbiasa dengan APBN. PSSI tak minta bantuan kepada pemerintah melalui APBN. Tetapi, sekarang kewajiban pemerintah membantu timnas,” kata Zainudin Amali dalam konferensi pers yang turut dihadiri BolaSport.com di Wisma Menpora.

PSSI tak minta, jadi kami paksa mereka untuk menerima sekaligus belajar mengelola keuangan negara,” ucapnya.

Kemenpora memberikan bantuan sebesar Rp50,6 miliar dari pengajuan anggaran Rp69,1 miliar untuk digunakan timnas U-19 Indonesia dalam rangka pemusatan latihan (TC) ataupun try out di dalam dan luar negeri.

Dana besar tersebut akan diperuntukkan untuk memfasilitasi 46 pemain timnas U-19, tujuh staf kepelatihan termasuk Shin Tae-yong, dan tim pendukung.

Zainudin Amali mengatakan bahwa dengan bantuan dari Kemenpora, diharapkan terjadi kolaborasi yang bagus.

Baca Juga: Gelar Juara Real Madrid Bukan Hadiah karena Kesalahan Barcelona

PSSI dan Kemenpora bisa berjalan kompak berdampingan untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

PSSI memang satu-satunya cabor yang punya Inpres sendiri. Tetapi, karena sepak bola adalah olahraga yang sangat diminati dan digemari masyarakat, jadi kami punya potensi mengembangkan dari sisi industri ataupun sport tourism untuk ke depannya,” ujar Menpora lagi.

“Hal ini membuktikan kekompakan pemerintah dan PSSI. Kami bisa maju bersama. Saat ada masalah pun akan kami diskusikan bersama,” tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hasil balap Motogp... Fabio Quartararo sedang berapi-api... #motogp #andalusia #gridnetwork

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on