Malaysia Nilai Indonesia Unggul dalam Persiapan Piala Thomas dan Uber 2020, tetapi...

By Delia Mustikasari - Selasa, 4 Agustus 2020 | 13:50 WIB
Tim putra Malaysia berpose di podium setelah dikalahkan Indonesia, 1-3 pada final Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). (THE STAR)

BOLASPORT.COM - Tim Thomas dan Uber Malaysia sama-sama satu grup dengan Indonesia pada putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.

Berdasarkan hasil undian yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Senin (3/8/2020), Malaysia ditempatkan di Grup A untuk Piala Thomas dengan Indonesia, Inggris dan Belanda.

Pada Piala Uber, Malaysia berada di Grup B dengan Indonesia, Korea Selatan, dan Australia.

Baca Juga: Indonesia Peraih Gelar Terbanyak, tetapi Malaysia Negara Pertama yang Juarai Piala Thomas

Menurut Direktur kepelatihan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Wong Choong Hann, pandemi Covid-19 telah menjadi kemunduran besar bagi sebagian besar negara, terutama dalam hal persiapan tim.

"Tidak diragukan lagi, semua pihak akan merasa cemas berkompetisi dalam turnamen besar setelah jeda kompetisi yang begitu lama. Tetapi, kami semua berada di kapal yang sama. Kami hanya harus mengelola tekanan," kata Wong dilansir BolaSport.com dari News Strait Times.

"Saya pikir kami harus menganggap diri kami beruntung dibandingkan dengan negara lain yang belum melakukan latihan penuh karena pandemi. Selain itu, kami juga memiliki turnamen internal yang akan membantu kami mendapatkan kembali atmosfer kompetitif kami," ujar Wong.

"Melihat undian, Indonesia akan menjadi tantangan terbesar kami pada babak penyisihan grup Piala Thomas. Tim Piala Uber kami akan tampil dengan kekuatan penuh melawan Korea dan Indonesia," ucap Wong.

Mantan tunggal putra Malaysia ini juga mengakui bahwa Indonesia mendapat sedikit keuntungan karena tim nasional mereka terus berlatih, sementara sebagian besar negara mengalami penurunan intensitas selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Indonesia Waspadai Malaysia pada Fase Grup Piala Thomas dan Uber 2020