Timnas U-19 Indonesia Tetap TC ke Kroasia Meski Piala Asia U-19 Terancam Ditunda

By Abdul Rohman - Kamis, 27 Agustus 2020 | 17:30 WIB
Latihan timnas U-19 Indonesia, di Stadion Madya, Senayan, Jumat (7/8/2020) (Dok. PSSI)

BOLASPORT.COM - Kabar Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan terancam diundur karena kondisi pandemi COVID-19 tidak akan membuat rencana timnas U-19 Indonesia berubah.

Timnas U-19 Indonesia memang tengah mempersiapkan skuat dalam mengikuti ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan.

Bahkan dalam akhir Agustus, timnas U-19 Indonesia akan melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri memastikan TC timnas U-19 Indonesia tetap berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Evan Dimas Yakin Tampil Maksimal bersama Persija Jakarta dalam Lanjutan Liga 1

"Program kami buat World Cup (Piala Dunia U-20 2021) bukan hanya AFC (Piala Asia)," kata mantan pelatih timnas U-19 Indonesia kepada BolaSport.com, Kamis (27/8/2020).

"Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) minta Timnas tetap jalankan program sesuai rencana," tambah pria asal Sumatera Barat, Padang.

Sebelumnya, kabar penundaan Piala Asia U-19 2020 berdasarkan informasi dari laman resmi federasi sepakbola Uzbekistan, UFA.

Kondisi pandemi COVID-19 yang masih mewabah diseluruh dunia kemungkinan akan membuat jadwal Piala Asia U-19 dan U-16 terancam diundur.

Baca Juga: Gara-gara 1 Kendala, Legenda UFC Malas Hadapi Khabib Nurmagomedov

"AFC telah mengirim surat kepada anggotanya untuk mempelajari kemungkinan menjadwal ulang Piala Asia U-16 dan U-19 yang digelar di Bahrain dan Uzbekistan," tulis pernyataan UFA.

"Ini merupakan permintaan negara peserta di ketiga turnamen tersebut, terkait kesulitan mendapatkan penerbangan ke Bahrain, Uzbekistan, dan UEA," sambung UFA.

Dalam waktu dekat Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) akan mengambil keputusan tepat terkait kondisi yang saat ini tengah terjadi.

"Pandemi COVID-19 global mempengaruhi sepak bola juga. Akibatnya, banyak turnamen internasional yang dijadwalkan untuk berbagai negara ditunda hingga tahun depan." tambah UFA.

"Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan yang tepat tentang masalah ini. Tanggal turnamen baru akan diumumkan kemudian," tutup UFA.