NOC Beri Dukungan untuk Promosi Kesetaraan Gender Lewat Olahraga

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 23 September 2020 | 22:37 WIB
Logo dari Komite Olimpiade Indonesia (17/2/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Isu kesetaraan gender di dunia olahraga membuat Komite Olimpiade Nasional atau National Olympic Committee (NOC) Indonesia ingin terus meningkatkan kompetensi atlet perempuan. 

Salah satu cara yang ditempuh NOC Indonesia adalah menggelar seminar daring (webinar), Rabu (23/9/2020) bersama Komisi Women in Sport. 

Dalam rilis yang diterima BolaSport.com, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengatakan olahraga adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

"NOC akan terus mendukung terobosan women in sport untuk meningkatkan peran dan kompetensi perempuan di olahraga, baik sebagai atlet, pelatih, atau delegasi teknis," kata sosok yang disapa Okto tersebut. 

Baca Juga: Lolos ke Olimpiade Jadi Alasan Chan/Goh Tempuh Jalur Pemain Independen

Dalam webinar yang mengusung tema "Tantangan Perempuan Olahraga Indonesia Menghadapi Covid-19", beberapa sosok perempuan dalam olahraga Indonesia muncul sebagai pembicara. 

Mereka adalah Eni Nuraeni (pelatih atletik PB PASI), pesepak bola putri Viny Silfianus, dan Stefanie Handojo yang merupakan atlet tunagrahita Special Olympic Indonesia.

Baca Juga: Panitia Olimpiade Tokyo Rencanakan Tindakan Pencegahan Covid-19 

Ketua Komisi Women in Sport, Susan Soebakti, berharap seminar daring ini bisa memberi tambahan informasi tentang meningkatkan peran perempuan. 

"Diharapkan pada tahun 2032 partisipasi perempuan, khususnya di Indonesia, bisa meningkat sementara Indonesia bertekad menjadi  tuan rumah," ujar Susan.