Respons GSP Usai Khabib Nurmagomedov Putuskan Pensiun dari UFC

By Muhamad Husein - Minggu, 25 Oktober 2020 | 11:30 WIB
Legenda UFC, Georges St-Pierre (GSP), dinobatkan sebagai Modern Wing of the UFC Hall of Fame. Gelar tersebut dinobatkan pada ajang UFC 249 di VyStar Veterans Memorial, Jacksonville, Florida, Sabtu (9/5/2020) atau Minggu WIB. (TWITTER.COM/UFCNEWS)

BOLASPORT.COM - Legenda UFC, Georges St- Pierre (GSP), mengaku kaget dengan keputusan Khabib Nurmagomedov untuk pensiun usai mempertahankan sabuk juara kelas ringan untuk kali ketiga.

Khabib Nurmagomedov tampil sebagai pemenang laga UFC 254 atas Justin Gaethje melalui submission pada ronde kedua pertarungan yang berlangsung di Yas Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Nurmagomedov dinyatakan menang karena Gaethje melakukan tap-out sebagai tanda menyerah setelah menerima cekikan dengan teknik triangle choke dari dia.

Namun, alih-alih melanjutkan kariernya yang begitu cemerlang, petarung seni bela diri campuran alias mixed martial arts (MMA) asal Rusia itu justru memilih pensiun.

Baca Juga: Rekor Khabib Nurmagomedov di UFC, Mulai dari Lawan Menyerah, Menang KO, hingga Kemenangan Tercepat

GSP pun mengaku terkejut dan tak menduga keputusan Khabib Nurmagomedov tersebut.

Sebab, petarung berjulukan The Eagle itu semula memiliki misi menyempurnakan catatan kemenangan beruntunnya sampai 30 kali.

Saat ini, Nurmagomedov baru mengoleksi 29 kemenangan.

Selain itu, Nurmagomedov juga sempat memberi isyarat bahwa GSP bakal menjadi lawan terakhirnya.

Namun, hal tersebut kini dipastikan tak akan pernah terjadi.

Baca Juga: MotoGP Teruel 2020 - Tahu Diri, Alex Marquez Tak Berani Incar Podium

Keputusan pensiun Khabib Nurmagomedov tak lepas dari permintaan ibunya.

Usai meninggalnya ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, pada bulan Juli lalu, sang ibu meminta putranya untuk tidak lagi bertarung.

Dengan begitu, laga melawan Justin Gaethje pun menjadi perpisahan Nurmagomedov sebagai petarung MMA.

"Mungkin biasanya saya akan melakukannya," kata GSP saat ditanyakan apakah akan meminta Khabib untuk bertahan, dikutip BolaSport.com dari BJPENN.com.

"Namun, karena situasinya, saya tidak akan pernah berani untuk melakukan itu. Dia mengalami masa-masa sulit karena ayahnya meninggal dan dia perlu waktu untuk berduka."

"Saya menghormati Khabib, yang biasa kami kerjakan adalah olahraga. Namun, ini melampaui olahraga, lebih ke sisi manusia, dan saya hanya ingin mendoakan yang terbaik untuk dia dan keluarga," tutur GSP lagi.