Joan Mir Akui GP Austria Jadi Titik Baliknya Menuju Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

By Delia Mustikasari - Minggu, 6 Desember 2020 | 10:10 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menjadi juara MotoGP musim 2020 setelah seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 15 November 2020. (WWW.SUZUKI-RACING.COM)

BOLASPORT.COM - Balapan GP Austria di Red Bull Ring adalah titik balik yang membuat Joan Mir dan Suzuki berada di jalur untuk meraih gelar juara dunia MotoGP yang bersejarah.

Joan Mir datang ke Red Bull Ring setelah mencetak hanya 11 angka dari kemungkinan 75 poin setelah tidak finis dalam dua dari tiga balapan pembuka MotoGP 2020. Hasilnya membuat dia berada di urutan ke-14 dalam klasemen kejuaraan dunia.

Tetapi, podium pertamanya pada MotoGP di Austria membuat Joan Mir kehilangan ketenangan dan kepercayaan diri.

Baca Juga: Masih Tanpa Marc Marquez, Pengamat MotoGP Beri 2 Jalan untuk Repsol Honda

"Rasanya aneh berpikir bahwa setelah balapan pertama musim 2020 ini saya jauh di belakang pembalap teratas dalam sesi kualifikasi dan sekarang kami merayakan gelar," kata Mir dilansir BolaSport.com dari Crash.

"Musim itu begitu tanpa henti dengan begitu banyak balapan berdekatan di sirkuit yang sama. Jadi, itu benar-benar belum tenggelam," tulis Mir di blog Suzuki,

"Austria tahun ini adalah titik balik yang nyata. Saya benar-benar menekan diri saya sendiri untuk mendapatkan podium dan ketika itu akhirnya terjadi, itu sangat melegakan. Saya telah memendam ketegangan di dalam diri saya dan semua itu akhirnya lepas ketika naik podium."

Setelah berhasil membuktikan kemampuannya, pembalap berusia 23 tahun itu mengaku lebih rileks dan seimbang di atas motor.

"Jika Anda meminta saya untuk menunjukkan rahasia kesuksesan saya, saya akan mengatakan ini, Saya selalu menetapkan target dan saya pukul saja rasa lapar saya yang semakin membesar dan saya tidak pernah merasa cukup untuk mengejar tujuan saya," aku Mir.

Podium di Red Bull Ring adalah yang pertama dari tujuh balapan untuk Mir selama sebelas seri balap terakhir. Hal ini termasuk kemenangan pada GP Valencia.