Rionny Mainaky Ungkap Perbedaan Pebulu Tangkis Indonesia dan Jepang

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 8 Januari 2021 | 11:05 WIB
Rionny Mainaky saat menjadi pelatih jepang pada Kejuaraan Dunia 2015 di Istora Senayan, Jakarta. (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI (Kabid Binpres PP PBSI) Rionny Mainaky mengungkap perbedaan mentalitas pebulu tangkis-pebulu tangkis Indonesia dan Jepang.

Dikutip dari Badminton Indonesia, Rionny Mainaky mengakui bahwa secara mental pemain-pemain Jepang lebih tangguh dibanding Indonesia.

Pernyataan Rionny tersebut tentu tidak lepas dari pengalamannya berkarier sebagai pelatih di Negeri Sakura pada rentang tahun 2009-2019.

Dalam kurun waktu itu, Rionny tercatat pernah melatih di klub Unisys dan tim nasional (timnas) Jepang.

Bahkan, adik kandung eks pebulu tangkis nasional Indonesia, Rexy Mainaky, itu, juga sempat menjabat sebagai pelatih kepala di timnas Jepang.

Baca Juga: Valentino Rossi Akui Perlu Perbaiki Diri Agar Bisa Bersaing di MotoGP

"Mereka (pebulu tangkis-pebulu tangkis) Jepang memang lebih disiplin. Lalu, soal semangat pantang menyerah, mereka sudah terbiasa karena dilatih sejak kecil di sekolah," tutur Rionny Mainaky.

"Selama bertanding, mereka juga tidak pernah merasa panik. Pemain-pemain kita (Indonesia) sering kurang sabar. Jadi, mau tidak mau, di sini harus melatih soal kesabaran ini."

"Selain itu, setiap turun ke lapangan, misalnya untuk berlatih, pemain-pemain Jepang selalu bersuara yang menyemangati diri mereka sendiri," kata Rionny lagi.

Baca Juga: Realistis, Bos Ferrari Cuma Berani Bidik Posisi 3 Besar pada F1 2021