Di Balik Kemenangan Beruntun Manchester City, Pep Guardiola Sulap 2 Bek Kanan

By Sandi Lathunusa - Rabu, 13 Januari 2021 | 19:40 WIB
Bek Manchester City, Joao Cancelo. (TWITTER.COM/SXRGIOSZN)

BOLASPORT.COM - Juru taktik Manchester City, Pep Guardiola mengatakan bahwa dia memiliki 2 bek sayap yang mampu bermain di posisi gelandang, dan 2 pemain tradisional yang bermain di sisi sayap, saat dia menjelaskan ide di balik performa Joao Cancelo akhir-akhir ini.

Penampilan Joao Cancelo mengesankan dalam dua pertandingan terakhir Manchester City dimana posisi Cancelo dipindah ke gelandang dari bek sayap.

Dengan begitu, Man City mampu menguasai jalannya pertandingan dan memenanginya.

Pada Minggu (10/1/2021) saat City menjamu Birmingham di ajang Piala FA, Guardiola memainkan Kyle Walker sebagai bek sayap kanan untuk mengcover area saat Cancelo berposisi sebagai gelandang.

Baca Juga: Massa Otot Jeblok, Asisten Shin Tae-yong Isyaratkan Bantai Pemain Timnas Indonesia

Guardiola menjelaskan bahwa Cancelo dan bek saya kiri, Oleksandr Zinchenko memiliki kapasitas untuk mengisi posisi gelandang, sementara Walker dan Mendy akan bermain menyamping jika dibutuhkan.

"Tidak, Alex (Zinchenko) juga bisa bermain di posisi itu," kata Guardiola saat ditanya apakah Cancelo memberikan City opsi yang unik di bek sayap.

Dilansir BolaSport.com dari Manchester Evening News, Guardiola berkata," Benjamin dan Kyle juga bisa bermain di beberapa posisi jadi ini tergantung lawan yang kita hadapi. Aku harus tahu, jika mereka memiliki kualitas untuk melakukannya. Dia bisa melakukannya tapi dia bisa melakukannya disisi luar, tetapi alternatif yang dia berikan sangat penting untuk tim ini."

Cancelo sedang dalam performa yang luar biasa musim ini meski bermain di kedua sisi pertahanan, bahkan ketika Kyle Walker sangat konsisten bermain di bek sayap kanan.

Guardiola memuji pria asal Portugal ini setelah selama 12 bulan beradaptasi cukup sulit namun menjadi pemain kunci City di musim ini.

Baca Juga: Thailand Open I 2021 - Raja Superseries Disingkirkan Penggemarnya Sendiri

"Dia tiba di sini musim kemarin, dia bingung pada awalnya, dia mengharapkan sesuatu yang tidak bisa kita berikan namun dia orang yang baik dengan hati yang tulus," ucap Guardiola, yang menyoroti Kebugaran Cancelo dan performanya baru-baru ini.

"Dia seorang pria yang mempunyai fisik yang luar biasa, dia bisa bermain lagi setelah sehari bertanding dan ini sangat penting bagi kita memiliki pemain yang bugar.

"Musim Lalu dia sedikit kesulitan beradaptasi di tim baru dan ide yang baru tapi sekarang dia telah memiliki banyak waktu dang membantu kita melakukan apa yang kita butuhkan.

"Dia capek di pertandingan terakhir, jadi dia hanya bermain 45 menit tapi harapannya besok jika dia ingin bermain, dia bisa lebih baik lagi daripada hanya tampil 45 menit saat melawan Birmingham kemarin," imbuh Guardiola.

Cancelo bergabung dengan City pada 7 Agustus 2019 dengan durasi kontrak selama 6 tahun dan seharga 27,4 juta Poundsterling.