Update Peringkat Dunia - Marcus/Kevin Masih No 1, Duo Anak Ajaib Naik 35 Posisi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 2 Februari 2021 | 14:03 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada semifinal All England Open 2020 di Arena Birmingham, Inggris, Sabtu (14/3/2020). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya membuka kembali hitungan peringkat dunia setelah dibekukan sejak Maret 2020.

Peringkat dunia BWF kembali diperbarui setelah berakhirnya turnamen BWF World Tour Finals 2020 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada 31 Januari silam.

Meski begitu, BWF tidak menggunakan patokan yang sama dalam menghitung peringkat pemain yang baru, setidaknya untuk sementara waktu.

Sebagai informasi, posisi pemain seharusnya ditentukan dari akumulasi 10 poin terbanyak dari seluruh turnamen yang diikuti dalam rentang 52 pekan terakhir.

Baca Juga: Peringkat Hadiah Turnamen Pebulu Tangkis Indonesia hingga BWF World Tour Finals 2020 - Apriyani Teratas

Adapun, situasi luar biasa akibat Covid-19 membuat BWF tetap mempertahankan koleksi poin para pemain dari perhitungan peringkat sebelumnya yaitu 17 Maret 2020.

Aturan ini menjadi semacam kompensasi bagi para pebulu tangkis yang tidak dapat bertanding selama pandemi.

Sementara pemain yang lebih beruntung bisa mendulang poin dari seluruh turnamen resmi yang mereka ikuti setelah Maret 2020.

Tidak heran apabila pasangan ganda putra nomor satu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, masih bertahan di posisinya.

Baca Juga: Coach Naga Api Tetap Puji Ahsan/Hendra meski Jadi Runner-up BWF World Tour Finals 2020