Update Peringkat Dunia - Meski Nirgelar, Anthony Ginting Naik 1 Posisi

By Agung Kurniawan - Selasa, 2 Februari 2021 | 15:00 WIB
Tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting saat melawan Ros Leonard Pedrosa pada Kejuaraan Beregu Asia 2020, di Rizal Memorial Coliseum, Manilla, Filipina, Jumat (14/2/2020). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil naik satu posisi dalam daftar peringkat dunia terbaru yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) pada 2 Februari 2021.

Usai menggelar tiga turnamen beruntun di Bangkok, Thailand, pada Januari lalu, BWF akhirnya kembali memperbarui peringkat dunia pemain untuk lima nomor pertandingan.

Dalam rilis peringkat terkini, BWF untuk sementara tidak menggunakan patokan yang sama dalam menghitung peringkat pemain.

Normalnya, peringkat pemain ditentukan dari akumulasi 10 poin terbaik dari seluruh turnamen yang diikuti dalam rentang 52 pekan terakhir.

Baca Juga: Peringkat Hadiah Turnamen Pebulu Tangkis Indonesia hingga BWF World Tour Finals 2020 - Apriyani Teratas

Namun, pandemi virus Corona alias Covid-19 yang melanda dunia membuat BWF tetap mempertahankan koleksi poin para pemain dari perhitungan peringkat terakhir, yakni per 17 Maret 2020.

Aturan ini menjadi bentuk kompensasi bagi para pebulu tangkis yang tidak dapat bertanding selama masa pandemi.

Adapun, para pemain yang lebih beruntung, bisa mendulang poin dari seluruh turnamen resmi yang diikuti setelah Maret 2020.

Pada nomor tunggal putra, Kento Momota (Jepang) masih menduduki peringkat teratas dengan 109.118 poin.

Baca Juga: Pelatih Ganda Putra Malaysia asal Indonesia Nilai Pemainnya Masih Kurang Pede