Pengakuan Kapten Timnas Voli Putri, Aprilia Manganang Selalu Lolos Tes Gender Berkat Bantuan PBVSI

By Bagas Reza Murti - Kamis, 11 Maret 2021 | 07:05 WIB
Amalia Fajrina Nabila (Instagram/amaliafajrina_)

BOLASPORT.COM - Kapten timnas voli putri Indonesia, Amalia Fajrina mengungkapkan jika Aprilia Manganang selalu loos tes gender lewat bantuan dari PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Perubahan status gender Aprilia Manganang dari perempuan menjadi laki-laki mengagetkan banyak pihak, termasuk kapten timnas voli putri Indonesia, Amalia Fajrina.

Sebelumnya, perubahan status gender Aprilia Manganang diumumkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jendral Andika Perkasa dalam konferensi pers pada Selasa (9/3/2021).

Andika Perkasa mengonfirmasi jika Aprilia Manganang menjalani pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021 di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemeriksaan ini dilakukan usai beberapa pejabat TNI merasa ada yang janggal dengan kondisi fisik Aprilia.

Baca Juga: Momen Gagal Penalti Runtuhkan Lionel Messi, Mauricio Pochettino Gunakan Video Pendek untuk Singkirkan Barcelona

Dilansir BolaSport.com dari Kompas.com dan Tribunnews, hasil pemeriksaan telah keluar dan Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki seutuhnya.

Meski demikian, Andika Perkasa memastikan Aprilia Manganang bukan seorang transgender dan tidak melakukan operasi ganti kelamin.

Kondisi yang dialami Aprilia adalah Hipospadia, yakni keonndisi langka di mana letak lubang kencing pada laki-laki tidak normal akibat bawaan sejak lahir.