Termasuk Lionel Messi dari Thailand, Ini Profil 5 Pemain Negeri Gajah Putih di Liga Jepang

By Beri Bagja - Kamis, 8 April 2021 | 16:05 WIB
Pemain timnas Thailand merayakan gol Chanathip Songkrasin ke gawang China dalam partai China Cup di Nanning, 21 Maret 2019. (TWITTER.COM/CHANGSUEK_TH)

BOLASPORT.COM - Dalam sejarahnya, Thailand merupakan negara Asia Tenggara yang terbanyak mengekspor pemain ke J.League alias Liga Jepang.

Tercatat ada 18 pemain asal Thailand yang pernah melanglang buana ke Liga Jepang.

Rekam jejak kedatangan pemain asal Negeri Gajah Putih di sana bisa ditelusuri mulai tahun 1980-an saat Liga Jepang belum bernama resmi J.League.

Kala kompetisi di Negeri Sakura belum memasuki masa profesional di zaman itu, setidaknya ada 4 pemain asal Thailand yang memperkuat klub Jepang.

Vorawan Chitavanich pada tahun 1985 membela Ehime FC, yang saat itu masih bernama Matsuyama Soccer Club.

Kemudian ada tiga pemain Thailand yang membela Matsushita Electric (sekarang bernama Gamba Osaka), yakni Witthaya Laohakul (1986−1987), Ronnachai Sayomchai (1989-1990), dan Natee Thongsookkaew (1989−1990).

Matsushita Electric familier sebagai klub yang pernah diperkuat mendiang legenda sepak bola Indonesia, Ricky Yacobi, pada 1988.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia Paling Layak Main di Liga Jepang Versi Warganet

Setelah memasuki era J.League, Adul Lasoh mengikuti mantan pelatihnya, Walter Jaeger, ke Jepang untuk bermain bersama Gainare Tottori pada 2008 di JFL (Japan Football League) atau kasta ketiga Liga Jepang.