Assanur Rijal, dari Kiper, Dipanggil Torres, Hingga Jadi Top Skor Piala Menpora 2021

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 19 April 2021 | 04:30 WIB
Assanur Rijal sedang berlatih dengan skuad Persiraja Banda Aceh (PERSIRAJA BANDA ACEH)

BOLASPORT.COM - Mungkin banyak pecinta sepak bola di Indonesia yang tidak tahu siapa sih Assanur Rijal. Kok tiba-tiba namanya mulai terkenal di Piala Menpora 2021 mengalahkan penyerang-penyerang berlabel timnas Indonesia. Kok tiba-tiba juga punya sapaan Torres, tapi wajahnya tidak mirip dengan Fernando Torres.

Nah, bagi yang belum tahu ternyata ada kisah unik di balik kesuksesan Assanur Rijal. Oh ya, Assanur Rijal ini membela Persiraja Banda Aceh di Piala Menpora 2021. Assanur Rijal pun menjadi pemain penting Persiraja Banda Aceh di turnamen pramusim tersebut.

Awal Karier Sepak Bola Assanur Rijal

Assanur Rijal sudah mencintai sepak bola sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Pemain kelahiran 2 Maret 1996 itu bersekolah di MIN Lampakuk, Aceh Besar, kota kelahirannya. Ia pun mengikuti beberapa turnamen sepak bola saat usianya masih belia.

Tampil mengesankan, Assanur Rijal dipercaya sekolah untuk menjadi wakil demi memperkuat Aceh Besar di ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Aceh. Uniknya, ia bermain bukan sebagai penyerang ataupun gelandang seperti sekarang ini. Assanur Rijal diberikan kepercayaan penuh untuk mengisi pos penjaga gawang.

Tahu kariernya mulai cemerlang, Assanur Rijal memutuskan bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Indrapuri, Aceh. Saat itu, ia sudah naik kelas ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Nah, di SSB Indrapuri, posisinya berubah walaupun sesekali tetap menjadi penjaga gawang. Ia pun dipercaya lagi untuk bermain di posisi gelandang dan penyerang.

Assanur Rijal berlatih selama enam tahun di SSB Indrapuri hingga tamat Sekolah Menengah Atas (SMA). Selama enam tahun itu, ia dilatih oleh Zahruddin selaku pelatih kepala SSB Indrapuri. Assanur Rijal pun semakin matang bermain di posisi gelandang dan penyerang.

Baca Juga: Cara Unik, Kepercayaan Penuh, Hingga Target Juara Persib di Piala Menpora 2021

Dipanggil Torres Karena Jersey Timnas Spanyol