Gebrakan Baru Ala Shin Tae-Yong, Bisakah Pemain Muda Bicara di Level Senior?

By Wila Wildayanti - Jumat, 21 Mei 2021 | 07:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah memberikan intruksi kepada anak asuhnya di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 11 Mei 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Sejak awal melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak henti-hentinya membuat kejutan untuk para pecinta sepak bola Tanah Air.

Kali ini Shin Tae-yong datang dengan gebrakan baru yakni banyak mengandalkan pemain muda di level senior.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong memboyong sebanyak 28 pemain timnas Indonesia ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), untuk menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Dalam daftar tersebut, bisa ditemukan sosok-sosok yang cukup mengejutkan.

Baca Juga: Spain Masters 2021 - Panen di Ganda Campuran, 5 Wakil Indonesia ke Babak Kedua

Bagaimana tidak? Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu lebih memilih membawa banyak pemain muda meski turnamen yang akan diikuti adalah level senior.

Bahkan, pemain tertua yang yang dibawa ke Dubai masih berusia 27 tahun, yaitu Kushedya Hari Yudho.

Sementara pemain termuda yang diboyong yakni Elkan Baggott yang saat ini masih berusia 18 tahun.

Catatan itu tentu saja menjadi hal baru di timnas Indonesia senior karena selama ini skuad Garuda selalu dihuni dengan pemain-pemain berpengalaman.

Dalam cerita pelatih-pelatih sebelum Shin Tae-yong, timnas senior selalu dipercayakan kepada para pemain dengan usia di atas 25 tahun.

Hal itu sudah berlaku dari dahulu kala hingga musim kepelatihan timnas senior terakhir sebelum Shin Tae-yong, yakni Simon McMenemy.

Baca Juga: Korea Utara Mundur, Vietnam Mungkin Dirugikan terkait Hasil Laga Lawan Timnas Indonesia