Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2021 - Bagnaia Pole, Quartararo Apesnya Kelewatan, Adik Rossi Ke-3

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:55 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, saat mengaspal pada MotoGP Americas 2021 di Circuit of the Americas, Austin, Texas. (TWITTER.COM/DUCATICORSE)

BOLASPORT.COM - Hasil kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2021 diwarnai kerugian besar yang dialami pemuncak klasemen sementara.

Kerugian besar dialami Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang menempati posisi ke-15 pada kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia, Sabtu (23/10/2021).

Padahal Fabio Quartararo berpeluang untuk mengunci gelar juara MotoGP 2021 andai berhasil finis di depan rivalnya, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Di sisi lain, Francesco Bagnaia justru berhasil menjaga kans kemenangannya setelah mampu merebut pole position meski harus berjuang dari Q1 bersama Quartararo.

Ini menjadi pole position keempat secara beruntun bagi pembalap yang sedang mengejar gap 52 poin dari Quartararo di sisa tiga seri musim ini.

Kejutan juga dibuat oleh Luca Marini (Avintia Sky VR46) yang mencuri posisi ketiga, di bawah Jack Miller (Ducati Lenovo), pada pengujung sesi kualifikasi.

Hasil apik Marini menjadi obat pelipur lara bagi kakaknya, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT), yang tenggelam di posisi ke-23.

Jalannya Sesi Kualifikasi

Sesi kualifikasi dimulai dengan pemandangan tidak biasa saat pembalap-pembalap cepat harus merangkak dari sesi kesatu (Q1).

Dua di antaranya adalah Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia yang sedang bersaing dalam perburuan gelar juara musim ini.

Baca Juga: MotoGP Emilia Romagna 2021 - Bagnaia Berharap Yamaha Punya Masalah Saat Hujan