Luhut dan Andre Rosiade Dukung F1 Digelar di Sirkuit Mandalika

By Fauzi Handoko Arif - Senin, 22 November 2021 | 20:20 WIB
Saat balapan F1 GP Belanda 2021 dimulai. Max Verstappen berada di depan sendiri dengan dibayangi Lewis Hamilton di belakangnya. F1 GP Belanda diadakan di Sirkuit Zandvoort, Minggu (5/9/2021). (TWITTER.COM/F1)

BOLASPORT.COM - Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, mengusulkan Indonesia menyelenggarakan ajang balap Formula One alias F1 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ke Presiden RI Joko Widodo.

Permintaan Andre Rosiade ini menyusul kesuksesan Sirkuit Mandalika menggelar balap motor World Superbike (WSBK) yang berlangsung pada 19-21 November 2021.

Sirkuit Mandalika dinilai memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menggelar perlombaan F1 di masa mendatang.

Akan tetapi, rencana memasukkan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer (km) pada ajang balap F1 tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Yamaha Dilanda Bencana, Fabio Quartararo Keluarkan Ancaman Menakutkan

"Peluang F1 ini besar karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah sesuai untuk F1," tutur Andre Rosiade, dikutip BolaSport.com dari KompasTV.

"Tinggal ditambahkan fasilitas penerangan dan sistem sinyal elektroniknya saja."

"Karena itulah, tidak ada salahnya kami mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo, Mandalika menggelar Formula 1 tahun 2023 atau di awal 2024," katanya menambahkan.

Baca Juga: Plus Minus Sirkuit Mandalika di Mata Pembalap Ducati Saat Gelar WSBK Indonesia 2021