Ralf Rangnick Lebih Pilih Pemain Cerdas daripada Cepat, Ini 5 Prinsip Kepelatihan Sang Profesor

By Beri Bagja - Jumat, 26 November 2021 | 15:00 WIB
Ralf Rangnick disiapkan melatih Cristiano Ronaldo dkk di Manchester United sampai akhir musim 2021-2022. (TWITTER.COM/MIRRORFOOTBALL)

BOLASPORT.COM - Ditunjuk Manchester United, Ralf Rangnick akan membawa prinsip atau filosofi kepelatihannya guna merevolusi permainan Setan Merah.

Kehadiran Ralf Rangnick di klub raksasa Liga Inggris, Manchester United, diyakini bakal mengubah wajah permainan Setan Merah.

Pelatih asal Jerman yang juga kerap beralih peran sebagai direktur sepak bola itu dijuluki sebagai peneroka atau pionir gaya gegenpressing.

Sesuai namanya, metode ini mengimplementasikan pressing ketat terhadap musuh bukan cuma saat menguasai, tapi juga ketika kehilangan bola.

Sistem ini menekan lawan dengan intensitas tinggi sampai tak memiliki celah atau ruang gerak, sehingga membutuhkan kualitas fisik dan teknik sangat prima.

Baca Juga: Ralf Rangnick ke Manchester United, Tantangan Besar Sang Profesor Gegenpressing

Di atas itu semua, Rangnick menuntut para pemainnya bisa berpikir cepat dan mengambil keputusan dalam sepersekian detik ketika menguasai bola atau kehilangan bola.

Makanya, dalam sebuah interviu dengan The Coaches' Voice beberapa tahun lalu, Sang Profesor - demikian julukannya - lebih memilih pemain 'cerdas' daripada hanya mengandalkan skill individu dan kecepatan lari.