Berkarakteristik Cepat, Jadi Tantangan Tersendiri Untuk Michelin di Mugello

By Wawan Saputra - Rabu, 25 Mei 2022 | 15:00 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, saat bersiap-siap menghadapi balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Italia, 30 Mei 2021. (TWITTER.COM/DUCATICORSE)

BOLASPORT.COM – Pekan depan tepatnya Minggu (29/5/2022) balapan MotoGP akan digelar di Sirkuit Mugello Italia yang memiliki karakteristik mengalir dan cepat akan menjadi tantangan tersendiri bagi Michelin.

Sirkuit Mugello meruapakan salah satu sirkuit yang memiliki karakteristik khas dan tidak dimiliki oleh Sirkuit lainnya.

Hal tersebut yang tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap dan juga para insinyur untuk menentukan set-up motor yang tepat.

Selain pembalap dan set-up motor yang tepat, pilihan ban menjadi faktor krusial dalam setiap balapan di MotoGP termasuk di Sirkuit Mugello.

Akhir pekan nanti Michelin selaku penyedia ban di ajang balapan kuda besi akan membawa tiga komponen ban kering yang berbeda.

Selain itu, Michelin juga akan membawa ban soft dan hard, tersedia juga kompon medium untuk MotoGP.

Semua ban depan yang dibawa oleh Michelin simetris sedangkan ban belakang asimetris. Karena Sirkuit Mugello memiliki sembilan tikungan kanan dan enam tikungan kiri.

Sehingga sisi kanan sedikit lebih keras dibandingkan sisi kiri. Sirkuit Mugello adalah trek dengan arah searah jarum jam atau clockwise.

Selain itu tantangan bagi Michelin nantinya juga akan dipengaruhi oleh cuaca yang ada di lintasan saat balaoan.