MotoGP Catalunya 2022 - Francesco Bagnaia Kecam Kondisi Aspal yang Buruk

By Wawan Saputra - Sabtu, 4 Juni 2022 | 09:15 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, melemparkan kritik keras terhadap kondisi aspal pada seri balap kesembilan MotoGP Catalunya 2022.

Kondisi aspal memengaruhi performa Francesco Bagnaia pada latihan bebas hari pertama MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Jumat (3/6/2022).

Bagnaia masih di posisi keempat dalam hasil kombinasi latihan bebas tetapi tertinggal jauh dari Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang mencetak waktu lap tercepat.

Espargaro membukukan waktu lap terbaik 1 menit 39,402 detik pada latihan bebas kedua dan unggul 0,548 detik dari Bagnaia.

Kondisi aspal yang kurang daya cengkeram disebut Bagnaia sebagai penyebab performa minornya, berkebalikan dengan Aprilia.

"Aprilia sangat kompetitif dalam kondisi seperti ini, jadi mereka memiliki keunggulan saat ini," kata Bagnaia, dilansir dari Speedweek.

"Saya belum pernah mengendarai motor di sirkuit balap dengan grip yang begitu kecil," imbuh runner-up MotoGP musim lalu itu.

Aprilia menunjukkan performa kompetitif semenjak pembalap mereka yang lain yaitu Maverick Vinales berada di peringkat kedua.

Sirkuit Catalunya sebenarnya mendapat pengaspalan ulang pada 2018.

Baca Juga: MotoGP Catalunya 2022 - Janji Besar Aleix Espargaro Rebut Kemenangan di 'Rumah'