Respons Marselino Ferdinan Seusai Dipercaya Jadi Kapten Timnas U-19 Indonesia

By Wila Wildayanti - Minggu, 3 Juli 2022 | 21:15 WIB
Gelandang timnas U-19 Indonesia, Marselino Ferdinan (kanan), sedang menguasai bola ketika bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 2 Juli 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Gelandang timnas U-19 Indonesia, Marselino Ferdinan mengungkapkan perasaannya seusai dipercaya pelatih Shin Tae-yong menjadi kapten skuad Garuda Nusantara untuk laga sisa Piala AFF U-19 2022.

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong mengaku pengganti kapten skuad Garuda Nusantara dari Muhammad Ferarri yakni Marselino Ferdinan.

Sebagaimana diketahui, Muhammad Ferarri mengalami cedera hamstring dalam laga melawan Vietnam pada babak perdana Grup A Piala AFF U-19 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022) itu Muhammad Ferarri memang ditarik keluar pada menit ke-48.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2022 - Gangguan Flare di Laga Timnas U-19 Indonesia Lawan Vietnam, Sanksi Apa Saja yang Menanti?

Pemain Persija Jakarta itu ditarik keluar karena mengalami cedera cukup serius.

Bahkan seusai pertandingan Shin Tae-yong memastikan Ferarri bakal absen lama karena membutuhkan waktu untuk bisa sembuh total.

Situasi dan kondisi ini pun membuat pelatih asal Korea Selatan tersebut menyerahkan posisi kapten kepada Marselino Ferdinan.

Karena dipastikan Ferarri tak akan bisa memperkuat timnas U-19 di laga sisa Grup A Piala AFF U-19 2022.

“Mungkin sampai saat ini yang akan menjadi penggantinya (Ferarri) itu Marselino (Ferdinan),” ujar Shin Tae-yong menjawab pertanyaan BolaSport.com, di Lapangan Tajimalela, Bekasi, Minggu (3/7/2022).

WILLA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong Seusai memimpin sesi latihan di Lapangan Tajimalela, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022).

Dengan dipercaya menjadi kapten timnas U-19 Indonesia tentu saja Marselino Ferdinan merasa bangga.

Menurutnya dengan menyandang status sebagai kapten itu merupakan tanggung jawab yang besar baginya.

Namun, dengan mengemban ban kapten itu tentu saja membuatnya memiliki kewajiban membawa tim lebih baik lagi.

Wonderkid Persebaya Surabaya itu mengaku dengan menjadi kapten pun membuatnya bertekad untuk bisa memberikan yang terbaik dan mengayomi rekan-rekannya dengan baik.

“Kalau saya dari dulu gimana ya saya siapsiap saja. Sya bangga juga dipilih langsung oleh coach Shin,” kata Marselino Ferdinan saat dihubungi BolaSport.com, Minggu (3/7/2022) terpisah.

Baca Juga: Kontra Brunei Darussalam, Hokky Caraka Janji Tampil Lebih Berani Lakukan Shooting

“Tetapi bagi saya kapten bukan sekadar kapten. Saya harus bisa membawa tim dan bertanggung jawab dengan tim. Semoga saya bisa melakukan itu,” ucapnya.

Pemain berusia 17 tahun itu mengaku bahwa sebenarnya dari dulu ia tak pernah mau mengemban ban kapten.

Sebab itu bukan tanggung jawab yang mudah dan sebagai kapten harus bisa mengayomi tim dengan baik.

Namun, Marselino mengaku mungkin saat ini sudah saatnya ia mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan tim pelatih tersebut.

Oleh karena itu, Marselino mengaku siap untuk menjalani tanggung jawab tersebut dengan maksimal.

Menurutnya sudah saatnya pemain andalan timnas Indonesia dari semua level itu harus bisa mengemban tanggung jawab tersebut.

“Tapi kalau dari dulu memang tidak pernah mau jadi kapten karena bebannya pasti beda tapi mungkin ini saatnya ya,” tuturnya.

Baca Juga: Timnas U-19 Indonesia Makin Nyetel, Hokky Caraka Targetkan Kemenangan Kontra Brunei Darussalam

Sementara itu, Marselino kemungkinan menjalani debutnya sebagai kapten timnas U-19 Indonesia saat melawan Brunei Darussalam nantinya.

Sebagaimana diketahui, timnas U-19 Indonesia ini bakal menjalani pertandingan lawan Brunei Darussalam pada lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Laga tersebut  bakal bergulir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022).

Kemungkinan Marselino juga bakal tetap dipercaya menjadi kapten timnas U-19 Indonesia buat laga sisa di Piala AFF U-19 2022 lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom)