Masih Berburu Gelar di Usia yang Tak Lagi Muda, Rian Kagumi Hendra Setiawan

By Muhamad Husein - Jumat, 29 Juli 2022 | 16:45 WIB
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berpose usai laga final Malaysia Masters 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (10/7/2022) (PBSI)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis Indonesia, Muhammad Rian Ardianto mengaku mengidolakan Hendra Setiawan sebagai sosok yang menginspirasinya di lapangan.

Muhammad Rian Ardianto membagikan pengalamannya berkarier di dunia bulu tangkis bersama Fajar Alfian pada sesi tanya jawab di live Instagram bersama PB Jaya Raya tadi malam (28/7/2022).

Pada awalnya Rian ditanyakan terkait tentang kariernya yang saat ini sedang melesat dan menduduki peringkat lima dunia.

Menurut dia kunci dari kesuksesannya saat ini adalah latihan keras dan bisa memanfaatkan kesempatan saat dipercaya untuk turun di suatu pertandingan.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Atlet, Kini Jojo Punya Kerjaan Sampingan Baru

"Saya awalnya dulu jadi atlet gak nyangka juga bisa jadi kaya sekarang, yang penting itu di latihan," kata Rian.

"Dari latihan pokoknya saya sendiri gak mau kalah dari yang lain. Dan juga pertandingan ya kita harus benar benar fokus maksimalkan kesempatan-kesempatan yang ada."

"Karena menurut saya kesempatan gak datang dua kali sih. Jadi sebisa mungkin maksimalin lah."

"Entah itu mau bagus atau jelek kita pikirkan nanti yang penting kita sudah berusaha maksimal dan semoga kita tidak menyesalinya sih," tutur Rian.

Dengan pencapaian yang didapatkan, Rian lalu menyebut Hendra Setiawan adalah sosok yang menjadi inspirasinya dalam menjadi pemain papan atas.

Hendra Setiawan yang saat ini sudah menginjak usia 37 tahun dianggap Rian memiliki gelar yang cukup lengkap.

Pencapaian Hendra pada turnamen besar tercatat pernah merebut medali emas di ajang Olimpiade (2008), Kejuaraan Dunia (2007, 2013, 2015, 2019), Asian Games (2010, 2014), Kejuaraan Asia (2005, 2009), dan SEA Games (2005, 2007, 2009).

Hal ini yang menjadikan Rian memiliki motivasi tinggi dan berharap bisa mengikuti langkah Hendra yang masih aktif berburu gelar meski sudah tak lagi muda.

"Sampai saat ini (inspirasi saya) Hendra Setiawan sih," ungkap Rian.

"Karena gelarnya sudah komplit juga, walaupun gelarnya sudah komplit tapi sampai sekarang pun masih bisa bersaing dengan pemain-pemain top dunia."

"Jadi dedikasinya luar biasa sih, harus jadi panutan bagi atlet-atlet lain," tutup Rian.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Olimpiade Paris 2024 Diumumkan, Kapan Bulu Tangkis Digelar?