PIALA DUNIA - Ada di Grup Sulit, Belanda Harus Fokus Lolos Dulu Baru Pikirkan soal Juara

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:45 WIB
Para pemain timnas Belanda merayakan gol Cody Gakpo dalam laga Liga A Grup 4 UEFA Nations League kontra timnas Polandia di Stadion Narodowy, Kamis (22/9/2022). (JANEK SKARZYNSKI/AFP)

BOLASPORT.COM - Mantan penyerang tim nasional Belanda, Patrick Kluivert, mengingatkan tim yang berlaga di Piala Dunia 2022 harus memprioritaskan kelolosan dari fase grup terlebih dulu. 

Timnas Belanda berada di Grup A bersama Qatar, Senegal, dan Ekuador pada Piala Dunia 2022, 20 November-18 Desember mendatang. 

Patrick Kluivert, penyerang Belanda pada Piala Dunia 1998, mengatakan grup tersebut sangat sulit untuk De Oranje. 

Hal itu yang membuat Kluivert meminta Belanda fokus untuk selamat dulu dari fase grup sebelum memikirkan kans juara. 

“Pertama-tama, Belanda harus mengatasi tantangan di fase grup, karena Grup A itu berat. Setelah itu baru bisa menjalani sisa pertandingan satu demi satu,” kata Kluivert. 

“Belanda berada satu grup dengan tuan rumah yang akan punya banyak suporter, serta ada Senegal. Pertandingan melawan mereka akan sulit. “

Perjalanan skuad Louis van Gaal di Piala Dunia 2022 akan dimulai dengan pertandingan melawan Senegal pada 21 November mendatang. 

Kluivert yang menyumbangkan 40 gol untuk tim nasional mengatakan Belanda perlu menghormati Senegal. 

“Senegal punya pemain berkualitas seperti Sadio Mane dan Kalidou Koulibaly. Harus diingat juga kalau mereka adalah juara Piala Afrika," ujarnya.