Konsistensi Francesco Bagnaia Jadi Kunci Ducati Akhiri Puasa Gelar

By Wawan Saputra - Jumat, 18 November 2022 | 11:45 WIB
Dua bos Ducati Lenovo, Paolo Ciabatti dan Davide Tardozzi, sedang merayakan keberhasilan Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP 2022 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, menyebut kunci kesuksesan Ducati mengakhiri puasa gelar terletak dari kehebatan dan konsistensi seorang Francesco Bagnaia.

Jorge Lorenzo menganggap bahwa Francesco Bagnaia berhasil melengkapi bagian yang hilang dari Ducati selama ini.

Meski begitu, sebenarnya jalan Francesco Bagnaia untuk menjadi juara dunia MotoGP 2022 bersama Ducati tidak selalu mulus.

Pasalnya, penampilan Bagnaia di paruh pertama musim 2022, bisa dibilang naik turun dan kurang konsisten.

Tidak jarang pembalap jebolan akademi VR46 milik Valentino Rossi tersebut, melakukan kesalahan fatal.

Misalnya pada seri pembuka GP Qatar, GP Prancis, GP Catalunya dan GP Jerman. Dimana pembalap Italia tidak mampu menyelesaikan balapan.

Hal tersebut yang membuat jalan Bagnaia menjadi juara dunia hampir tertutup, karena Bagnaia sempat tertinggal 91 poin dari rival utamanya, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Namun, pada paruh kedua penampilan Bagnaia benar-benar menggila dan sulit terkalahkan. Tak tanggung-tanggung Bagnaia memborong tujuh podium dari sembilan balapan terakhir.

Podium demi podium yang diraih Bagnaia, akhirnya mengantarkannya menjadi juara dunia sekaligus mengakhiri puasa gelar Ducati.