Update Klasemen MotoGP 2023 Usai Sprint Race Seri Portugal - Bagnaia Teratas, Awal Bagus Marquez

By Delia Mustikasari - Minggu, 26 Maret 2023 | 00:18 WIB
Dari kiri ke kanan, Jorge Martin (Pramac Racing), Francesco Bagnaia (Ducati), Marc Marquez (Repsol Honda) di podium sprint race di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Sabtu (25/3/2023). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, menjadi yang tercepat pada sprint race MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Algarve, Portimao, Sabtu (25/3/2023).

Juara Dunia MotoGP 2022 itu mencetak 19 menit 52,862 detik. Dia juga mencatatkan sejarah sebagai pembalap yang pertama kali menjuarai sprint race yang baru diberlakukan sejak musim 2023.

Finis pertama membuat Bagnaia berhak mendapat tambahan 12 poin, disusul Jorge Martin (Pramac Racing) dan Marc Marquez (Repsol Honda) yang masing-masing menyelesaikan balapan di posisi kedua dan ketiga.

Sprint race adalah balapan yang digelar satu hari jelang balapan utama setelah sesi kualifikasi pada Sabtu.

Pada musim sebelumnya, para pembalap hanya bisa meraih poin pada hari balapan. Sprint race menjadi kesempatan tambahan bagi pembalap untuk meraih poin.

Kualifikasi pertama dan kedua tetap menjadi patokan untuk menentukan posisi start para pembalap pada sprint race.

Namun, perbedaan sprint race dengan balapan adalah jumlah lap yang digelar. Sprint race hanya menggelar setengah dari jumlah putaran dari seri tersebut.

Sebagai contoh, jika seri digelar dengan jumlah 27 lap, sprint race seri tersebut hanya akan berlangsung sebanyak 13 lap.

Jumlahnya hanya setengah dari jumlah lap keseluruhan pada sprint race. Poin yang didapat pembalap juga setengah dari maksimal poin yang bisa diraih dalam sebuah balapan (25 poin).

Baca Juga: Swiss Open 2023 - Dimulai dari Ahsan, Apriyani Tambah Deretan Pebulu Tangkis Indonesia yang Cedera