Piala Dunia Wanita 2023 - Debut Filipina Lebih Baik dari Wakil Asia Tenggara Sebelumnya

By BolaSport - Jumat, 21 Juli 2023 | 19:00 WIB
Laga Filipina kontra Swiss di Grup A Piala Dunia Wanita 2023, Jumat (21/7/2023) di Dunedin, berakhir 0-2 untuk kekalahan wakil Asia Tenggara. (TWITTER @FIFAWWC)

Daniel Sianturi, pengamat sepak bola

BOLASPORT.COM - Timnas Wanita Filipina baru saja memainkan debut mereka pada ajang Piala Dunia Wanita.

Turun berlaga di Forsyth Barr Stadium, Dunedin, Jumat (21/7/2023), perjuangan Hali Long dkk. belum memperoleh hasil baik.

Timnas Wanita Filipina dipaksa mengakui keunggulan Swiss usai menelan kekalahan dengan skor 0-2 pada akhir laga.

Timnas Wanita Swiss memang bermain lebih dominan dari Filipina.

Tercatat para pemain Swiss mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola sampai 75 persen.

Meski menelan kekalahan, hasil yang diperoleh pasukan Alen Stajcic sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan apa yang dialami negara pertama wakil Asia Tenggara yakni Thailand pada laga pembuka mereka di putaran final Piala Dunia Wanita.

Laga debut Thailand pada putaran final Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada berakhir dengan kekalahan telak 0-4 saat berjumpa Norwegia.

Namun demikian, Timnas Wanita Thailand sukses bangkit pada pertandingan berikutnya saat mengalahkan Pantai Gading dengan skor 3-2.

Kemenangan yang diraih Thailand tersebut kini menjadi cambuk bagi Timnas Wanita Filipina menyongsong laga berikutnya menghadapi tuan rumah Selandia Baru.

Kemenangan diperlukan untuk memelihara peluang Filipina menjadi wakil pertama dari Asia Tenggara yang mampu lolo s ke fase gugur.