Ketika PKI Jadikan Sepakbola Indonesia sebagai Alat Politik

By Intisari Online - Kamis, 28 Juni 2018 | 19:27 WIB
   Skuat timnas Indonesia di Piala AFF 2010
TRIBUNNEWS.COM
Skuat timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Secarik kisah dari Sepakbola Indoneisa yang dijadikan Alat Politik oleh PKI di masa lalu.

Pada 30 Sepetember 1965, dikenang sebagai salah satu peristiwa memilukan paling bersejarah di Indonesia.

Saat itu sebuah pemberontakan yang berusaha merongrong kedaulatan RI dengan menggunakan nama Partai Komunis Indonesia tengah terjadi.

Dengan adanya pemberontakan tersebut, tentu ada gejolak didalam tubuh pemerintahan Indonesia, hingga akhirnya banyak upaya dikerahkan untuk menumpas pemberontakan tersebut.

Lalu, apakah PKI juga berpengaruh terhadap sepak bola Indonesia saat itu?

Tentu saja jelas, sebab sepak bola Indonesia hingga kini memang terkenal kenal, dan acap kali disebut-sebut kental dengan dunia politik.

Bahkan, Ir Soekarno semepat menyebut sepak bola sebagai 'alat revolusi', bahkan PKI juga demikian, dan pada masa jayanya sempat menggunakan sepak bola, sebagai alat kepentingan politik mereka.

Mungkin, tidak secara terang-terangan, bagaimana pesepakbola di negara lain, secara terang-terangan memperlihatkan ideologi sayap kiri.

Bisa jadi pesepakbola yang kini Anda saksikan, juga memiliki ideologi sayap kiri yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya, mengingat situasi politik saat ini.

Meski rasanya sulit untuk menebak siapa saja mereka, beberapa pemaian di masa lalu misalnya memiliki keterlibatan mereka di parta Komunis yang kini dibubarkan tersebut.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : Intisari Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.