Bagi Pele, Lionel Messi Itu Biasa Saja karena Cuma Bisa Pakai Kaki Kiri

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 6 Desember 2018 | 21:27 WIB
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, dalam kepungan para pemain Atletico Madrid dalam pertemuan di Liga Spanyol 2017
DOK. LA LIGA
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, dalam kepungan para pemain Atletico Madrid dalam pertemuan di Liga Spanyol 2017

Legenda sepak bola, Pele, menyebut bahwa kemampuan Lionel Messi tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan dirinya.

Pele nampaknya tidak setuju dengan sikap para insan sepak bola yang menganggap Lionel Messi adalah alien untuk menggambarkan kemampuannya yang di atas rata-rata.

Menurut pemain yang di masa emasnya juga dinilai melebihi batas manusia, Messi bukan pesepak bola yang komplet tetapi pemain yang hanya mengandalkan kaki kirinya.

(Baca Juga: Tak Dapat Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Dapat Hadiah Hiburan Nonton Final Copa Libertadores)

"Bagaimana Anda bisa membandingkan seseorang yang bisa menyundul dengan baik, bisa menendang dengan kaki kiri maupun kanan dengan seseorang yang hanya menendang dengan satu kaki, hanya punya satu keahlian dan tidak cakap dalam menyundul bola," kata Pele kepada Folha de Sao Paulo.

"Bagaimana Anda bisa membandingkannya? Membandingkannya dengan Pele, itu harus seseorang yang bisa menendang dengan baik menggunakan kaki kiri maupun kanan, dan mencetak gol dengan sundulan," imbuhnya.


Pele ( http://www.fifa.com )

Jika ditilik dari catatan statistik, Lionel Messi memang lebih sering mengandalkan kaki kirinya ketimbang kaki kanannya saat mencetak gol.

Menurut data Whoscored, musim ini Messi menciptakan 16 gol di semua kompetisi dengan rincian 13 gol dari kaki kiri dan 3 gol dari kaki kanan.

Messi belum pernah mencetak gol menggunakan kepalanya musim ini, tetapi bukan berarti bahwa pemain setinggi 170 sentimeter itu sama sekali tidak pernah melakukannya.



Editor : Ardhianto Wahyu Indraputra
Sumber : whoscored.com,Goal.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X