Alasan Maman Abdurrahman dan Hamka Gagal Mengawal Pemain Malaysia pada Final Piala AFF 2010

By Nungki Nugroho - Sabtu, 22 Desember 2018 | 17:47 WIB
Maman Abdurrahman, Hamka Hamzah dan Markus Horison siap diinvestigasi soal keterlibatan dalam kasus skandal suap Piala AFF 2018.
Youtube Najwa Shihab
Maman Abdurrahman, Hamka Hamzah dan Markus Horison siap diinvestigasi soal keterlibatan dalam kasus skandal suap Piala AFF 2018.

Dua bek timnas Indonesia, Maman Abdurrahman dan Hamka Hamzah, mengungkap penyebab kegagalan mereka mengawal dengan baik striker Malaysia di final Piala AFF 2010.

Partai final Piala AFF 2010 masih menyisakan tanda tanya besar terkait isu pengaturan skor yang kemudian menyeret nama pemain timnas Indonesia, termasuk Maman Abdurrahman dan Hamka Hamzah.

Dugaan tersebut sempat mereda dalam beberapa tahun terakhir, tetapi muncul kembali setelah ungkapan mantan Manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, pada diskusi bertema 'PSSI Bisa Apa Jilid 2' yang dipandu oleh Najwa Shihab pada Rabu (19/12/2018).

Dalam acara tersebut, Andi menyebut kegagalan timnas Indonesia telah dimainkan oleh Malaysia.

(Baca Juga: Media Malaysia Soroti Isu Pengaturan Skor di Final Piala AFF 2010)

Bahkan, pria yang juga sempat menjadi ketua Badan Liga Indonesia itu tak canggung menyebut nama pemain Indonesia yang tak optimal dalam pertandingan final leg pertama Piala AFF 2010.

Hingga akhirnya beredar video gol Malaysia pada final leg pertama yang tak lepas dari kesalahan antisipasi dua bek timnas Indonesia kala itu, Maman Abdurrahman dan Hamka Hamzah.

Santer anggapan di media sosial bahwa Maman dan Hamka sengaja membiarkan pemain Malaysia untuk membawa bola.

Berbagai kritikan itu lantas dibantah oleh dua mantan palang pintu Sriwijaya FC tersebut.

"Tidak ada unsur apapun di balik kesalahan itu, semua murni kesalahan teknis," ucap Maman dikutip dari tayangan Catatan Najwa pada Jumat (21/12/2018).

Editor : Ferril Dennys Sitorus
Sumber : youtube.com/najwashihab

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X