Football Leaks: Klub-klub Besar Eropa Dikabarkan Diam-diam Bentuk Liga Super Eropa

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 3 November 2018 | 10:30 WIB
Headline Football Leaks di situs media asal Jerman, Spiegel.de.
ISTIMEWA
Headline Football Leaks di situs media asal Jerman, Spiegel.de.

Sebuah liga 'sempalan' dengan 16 klub top lintas negara di Eropa adalah wacana yang tidak masuk akal. Namun, dalam Football Leaks yang dikeluarkan DER SPIEGEL, rencana dibentuknya kompetisi yang disebut Liga Super Eropa sedang dalam proses perwujudan.

Media asal Jerman, DER SPIEGEL, mengawali sebuah seri bertajuk Football Leaks yang, menurut mereka, akan membongkar rahasia dalam dunia sepak bola.

Salah satu rumor pertama yang dikeluarkan Football Leaks adalah mengenai gagasan "Liga Super Eropa", sebuah liga yang terdiri dari beberapa klub besar Eropa.

Liga Super Eropa sendiri direncanakan menjadi sebuah liga independen yang tidak terkait dengan federasi di lingkup negara maupun benua (dalam hal ini UEFA).

Bayern Muenchen, Real Madrid, Barcelona, Juventus, AC Milan, Manchester United, dan Arsenal disebut sebagai anggota grup inisiator dalam pembahasan Liga Super Eropa.

Sejak Januari 2016, mereka secara diam-diam--tanpa sepengetahuan UEFA--merencanakan untuk membuat sebuah liga yang terdiri dari klub-klub besar di Benua Eropa.

Mereka juga sudah membuat opsi untuk keluar dari liga nasional dan federasi sepak bola negara mereka secara sepenuhnya.

Salah satu dokumen Football Leaks menyebut adanya kontrak mengikat sebanyak 13 halaman yang akan ditandatangani oleh 11 klub untuk membentuk Liga Super Eropa.

Bersama Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Paris Saint-Germain, 11 klub yang disebut sebagai "founders (pendiri)" mendapat hak untuk terhindar dari degradasi di Liga Super Eropa.


Editor : Ardhianto Wahyu Indraputra
Sumber : goal.com, Bbc.com,Spiegel.de

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X