Manchester City Tak Jadi Dihukum usai Diputuskan Tak Bersalah Mendatangkan Darah Muda Ini

By Putra Rusdi Kurniawan - Rabu, 18 April 2018 | 02:31 WIB
 Selebrasi para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Vincent Kompany (kedua dari kiri) ke gawang Manchester United dalam laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris pada Sabtu (7/4/2018).
BEN STANSALL/AFP
Selebrasi para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Vincent Kompany (kedua dari kiri) ke gawang Manchester United dalam laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris pada Sabtu (7/4/2018).

Manchester City terbebas dari larangan transfer FIFA setelah diputuskan tidak bersalah dalam kasus perekrutan pemain muda asal Argentina, Benjamin Garre.

Klub yang baru saja memastikan diri meraih gelar juara Liga Inggris ini terancam mendapatkan hukuman larangan transfer dari FIFA setelah mendatangkan Benjamin Garre dari klub Argentina, Velez Sarfield, pada 2016.

Velez Sarsfield melaporkan Manchester City ke FIFA karena dituduh melakukan tindakan tidak etis dengan mendekati Benjamin Garre yang saat itu masih berusia 15 tahun.

FIFA sendiri melarang adannya transfer pemain berusia dibawah 16 tahun.

Namun hukum yang berlaku di Uni Eropa justru mengizinkan hal tersebut.

(Baca Juga: Jose Mourinho: Saya Masih Ingat Caranya Jadi Juara di Liga Inggris, Kok!)

Manchester City berpendapat bahwa mereka tidak melanggar aturan karena Benjamin Garre memiliki paspor Italia yang merupakan anggota Uni Eropa.

Hal ini jugalah yang membuat Pengadilan Abritasi Olahraga menolak tuduhan yang dibuat Velez Sarsfield pada sidang di Kota Lausanne, Swiss, pada 2017.

Penyataan dari Pengadilan Arbitrase mengatakan bahwa "Banding yang diajukan pada 12 Desember 2016 oleh Velez Sarsfield terhadap keputusan yang dikeluarkan pada 24 Agustus 2016 oleh hakim tunggal dari komite status pemain FIFA telah diberhentikan dengan demikian keputusan dari banding telah diputuskan."

Jika dinyatakan bersalah dari kasus ini Manchester City bisa saja mendapatkan larangan transfer pada dua bursa transfer.

Hukuman serupa pernah diterima Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid karena mendatangkan pemain di bawa usia 18 tahun.

Editor : Aditya Fahmi Nurwahid
Sumber : standard.co.uk

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X