Fan West Ham: Akademi Sepak Bola Buang-buang Uang Saja

By Riemantono Harsojo - Senin, 24 September 2018 | 16:59 WIB
Bek West Ham United, Declan Rice (kiri), mendapat pengawalan ketat dari striker Everton, Cenk Tosun, dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Stadion Goodison Park, Liverpool, pada 16 September 2018.
PAUL ELLIS/AFP
Bek West Ham United, Declan Rice (kiri), mendapat pengawalan ketat dari striker Everton, Cenk Tosun, dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019 di Stadion Goodison Park, Liverpool, pada 16 September 2018.

Memiliki akademi sepak bola tidaklah murah. Pada Januari 2016, Daily Mail menulis Manchester City mengeluarkan dana 12 juta pound (sekitar 235 miliar rupiah) untuk akademi mereka.

Chelsea berinvestasi 7 juta pound (sekitar 137 miliar rupiah) untuk membentuk akademi mereka.

Sementara itu, Manchester United menghabiskan 3,5 juta pound (63 miliar rupiah) untuk biaya operasional akademi selama satu tahun.

Klub sepak bola profesional adalah bisnis. Tentu harus ada pemasukan buat klub untuk ongkos berbagai hal, termasuk operasional akademi.

Pertanyaannya, apakah pengeluaran klub yang tidak dapat disebut kecil untuk operasional akademi, masih ada nilai manfaatnya jika pemain-pemain lulusan akademi ternyata tidak dapat digunakan oleh klub mereka sendiri?

Apakah akademi masih berguna untuk penyediaan pemain bagi klub sendiri?

Data Transfermarkt.com menunjukkan bahwa tidak banyak pemain lulusan akademi yang mendapat tempat di klub mereka. Tim Burnley musim ini bahkan sama sekali tidak memiliki pemain jebolan akademinya.

(Baca Juga: West Ham United 0-0 Chelsea - Tidak Mungkin The Blues Menangi Semua Pertandingan)

Pertanyaan tersebut diangkat fan West Ham United, Jackson Schmidtke, dalam tulisannya di bracethehammer.sbnation.com.



Editor : Bagas Reza Murti
Sumber : Tabloid BOLA

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X