Eliud Kipchoge Catat Lompatan Rekor Marathon Terbaik dalam 50 Tahun

By Firzie A. Idris - Minggu, 16 September 2018 | 22:20 WIB
Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, melewati garis finish di Berlin Marathon untuk mencatatkan rekor lari marathon dunia pada Minggu (16/9/2018).
JOHN MACDOUGALL / AFP
Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, melewati garis finish di Berlin Marathon untuk mencatatkan rekor lari marathon dunia pada Minggu (16/9/2018).

Pelari asal Kenya, Eliud Kipchoge, memecahkan rekor dunia lari marathon saat menyelesaikan Berlin Marathon dengan catatan 2 jam 1 menit dan 39 detik pada Minggu (16/9/2018).

Eliud Kipchoge memecahkan rekor marathon yang dipegang oleh kompatriotnya, Dennis Kimetto, dengan waktu 2 jam 2 menit 57 detik, yang ditorehkan pada 28 September 2014 juga di Berlin Marathon.

Menurut Associated Press, Eliud Kipchoge memecahkan rekor dunia dengan berlari 1 menit dan 18 detik lebih cepat dari kompatriotnya tadi.

Lompatan 78 detik tersebut merupakan yang paling jauh dalam pemecahan rekor lari marathon dunia sejak Derek Clayton, pelari asal Australia, memangkas rekor dunia dengan catatan 2 menit dan 23 detik pada 1967.

Rekor dunia ini melengkapi medali emas yang ia menangkan di Olimpiade Rio 2016 dan tiga kemenangan di London Marathon.

Di Berlin, Eliud Kipchoge berlari sangat dominan, meninggalkan para rivalnya dan berlari 17 kilometer terakhir sendirian.

"Saya tak bisa menggambarkan senangnya hari ini," ujar sang pelari seperti dikutip BolaSport.com dari Guardian.

"Saya memang bersiap untuk berlari sendiri sehingga tidak terkejut saya akhirnya melalui lintasan sendirian. Saya berlatih keras untuk perlombaan ini dan punya kepercayaan diri ke pelatih-pelatih saya," tuturnya.

(Baca Juga: Simson Rumah Pasal, Bek Timnas Indonesia yang Sukses Taklukkan Johan Cruyff)

Editor : Firzie A. Idris
Sumber : theguardian.com, nytimes.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X