Tiru Thailand, Liga Vietnam Akan Gunakan VAR Pada 2019, Indonesia Kapan?

By Muhammad Robbani - Selasa, 8 Januari 2019 | 22:11 WIB
Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengumumkan penggunaan teknologi VAR pada konferensi pers di Hanoi, Selasa (8/1/2019).
dantri.com.vn
Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengumumkan penggunaan teknologi VAR pada konferensi pers di Hanoi, Selasa (8/1/2019).

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) berencana untuk menerapkan VAR (Video Assistant Referee) pada kompetisi musim 2019. Hal sama sebelumnya diuji coba di Liga Thailand pada 2018 dan Liga Indonesia masih belum ada rencana konkrit soal pemakaian VAR.

Hal itu diumumkan oleh Presiden VFF, Tran Anh Tu, saat menggelar konferensi pers soal pemakaian VAR pada Liga Vietnam di Hanoi, Selasa (8/1/2019).

Hanya saja, penggunaan teknologi ini tak akan diterapkan pada semua laga Liga Vietnam melainkan hanya pada beberapa pertandingan saja.

Rencana VFF ini berkaca dari kesuksesan Liga Thailand yang sudah mencoba penggunaan teknologi ini pada kompetisi musim 2018.

(Baca juga: Operator Liga Malaysia Mulai Tak Sabar, 24 Klub Dapat Peringatan Keras)



"Beberapa kali saya ke Thailand menyaksikan liga di sana menggunakan VAR dan berpikir bahwa Vietnam juga bisa melakukan hal yang sama," kata Tran Anh Tu.

"Ketika kembali, saya bertemu dengan para petinggi (VFF) untuk memutuskan hal ini," tuturnya seperti dikutip BolaSport.com dari dantri.com.vn.

(Baca juga: Timnas China Menangi Laga Perdana Piala Asia 2019 setelah Eks Pelatih Juventus Marah)

Tran Anh Tu menegaskan, mereka akan memakai VAR untuk edisi awal pada arena besar di negerinya.

"Kami berpikir untuk mencoba penggunaan VAR di stadion-stadion besar seperti  Hang Day, My Dinh, Thong Nhat, dan Binh Duong, dengan menggunakan banyak kamera, kualitas siaran televisi," ucap Tran Anh Tu.

Editor : Estu Santoso
Sumber : dantri.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X