5 Bulan Absen, Peringkat Dunia Lee Chong Wei Turun Cukup Drastis

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 8 Januari 2019 | 19:06 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, saat menghadiri konferensi pers seusai laga semifinal Indonesia Open 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, saat menghadiri konferensi pers seusai laga semifinal Indonesia Open 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Lima bulan menepi dari rangkaian turnamen BWF World Tour 2018 membuat peringkat dunia Lee Chong Wei mengalami penurunan yang cukup drastis.

Sebelum memutuskan rehat sejenak untuk menjalani perawatan kanker hidung pada Agustus tahun lalu, Lee Chong Wei adalah pemain berperingkat kedua dunia.

Namun, pada akhir tahun 2018, peringkat dunia Lee sudah berada di posisi ke-26 alias turun 24 setrip.

Penurunan peringkat dunia Lee masih mungkin terjadi karena dia diperkirakan bakal absen setidaknya hingga tiga bulan ke depan.

Peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu menargetkan kembali mengikuti turnamen BWF World Tour pada Malaysia Open 2018, 2-7 April mendatang.

Meski banyak kecemasan perihal posisi undian alias drawing pada turnamen-turnamen papan atas, mengingat peringkat dunia Lee kini sudah berada di area 30 besar, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) sebetulnya sudah mengamankan peringkat dunia sang pemain di posisi ketiga.

Dengan begitu, Lee akan tetap bisa menembus turnamen-turnamen papan atas BWF World Tour 2019 walau peringkat dunianya turun.

"Menuju kembali ke kompetisi, Lee Chong Wei bisa masuk ke turnamen BWF World Tour mana pun hingga enam bulan," ucap Sekretaris BAM Ng Chin Chai.

(Baca juga: Lee Chong Wei Sudah Kembali Berlatih)

Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : The Star

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X