Efek Solskjaer: Paul Pogba Jadi Pemain Terbaik Eropa Bulan Desember

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 8 Januari 2019 | 11:56 WIB
Pemain Manchester United, Paul Pogba (kiri), berebut bola dengan gelandang Newcastle United, Isaac Hayden, pada pertandingan pekan ke-21 Liga Inggris 2018-2019 di Stadion St. James Park, Rabu (2/3/2018).
TWITTER.COM/MANUTD
Pemain Manchester United, Paul Pogba (kiri), berebut bola dengan gelandang Newcastle United, Isaac Hayden, pada pertandingan pekan ke-21 Liga Inggris 2018-2019 di Stadion St. James Park, Rabu (2/3/2018).

Sempat dipinggirkan dalam dua laga, Paul Pogba justru terpilih menjadi pemain terbaik Eropa pada bulan Desember versi CIES Football Observatory.

CIES Football Observatory merupakan badan penelitian independen yang mengkhususkan diri untuk menganalsis data-data statistik yang ada di dunia sepak bola.

Selain dikenal dengan penghitungan biaya transfer pemain secara faktual, CIES juga meneliti performa pemain di atas lapangan dalam periode tertentu.

Kontribusi dan keefektifan pemain dalam permainan tim — sesuai dengan peran mereka di posisinya — menjadi tolak ukur CIES dalam menghitung performa pemain.

Baca Juga: Sapu Bersih 5 Laga Perdana, Solskjaer Siap Hadapi Ujian Sesungguhnya

Hasilnya, mereka menempatkan gelandang Manchester United, Paul Pogba, sebagai pemain terbaik di lima liga top eropa pada bulan Desember.

Paul Pogba mendapat nilai 99. Dia lebih unggul ketimbang pemain Liverpool, Mohammed Salah (97,4), yang menempati peringkat kedua.

Nilai tinggi yang didapat Pogba tentunya cukup mengejutkan. Pasalnya, dia sempat dipinggirkan sebanyak dua kali pada bulan Desember kemarin.

Bersitegang dengan eks pelatih Jose Mourinho, Pogba dua kali jadi penghangat bangku cadangan dan hanya satu kali tampil penuh dalam empat laga pertama bulan lalu.

Secara kontribusi, penampilan Pogba baru meningkat — secara signifikan — pada pengujung bulan yang ditandai dengan pergantian pelatih klub.

Di bawah asuhan pelatih interim Ole Gunnar Solskjaer, Pogba kembali menjadi pemain andalan dan tampil trengginas dalam laga-laga pengujung tahun.

Kontribusi paling kentara Pogba adalah terlibat dalam tujuh gol hanya dalam tiga pertandingan saja, dengan rincian empat gol (dua kali brace) dan tiga assist.

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer Selamatkan Karier 4 Anak Tiri Jose Mourinho

Manchester United memang tengah menikmati momen kebangkitan bersama Solskjaer sebagai pelatih anyar mereka.

Pelatih yang semasa bermain dijuluki "Baby-faced Assassin" itu mencatat rataan sempurna 3 poin per pertandingan bersama United pada bulan Desember lalu.

Catatan Solskjaer itu lebih baik ketimbang Mourinho yang menorehkan rataan 1,25 poin per pertandingan (1 menang, 2 imbang, dan 1 kalah) di bulan yang sama.

Editor : Ardhianto Wahyu Indraputra
Sumber : football-observatory.com/-rankings-_none

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X