Demi Olimpiade 2020, Pelatih Selektif Pilih Turnamen bagi Tontowi

By Delia Mustikasari - Rabu, 13 Februari 2019 | 17:34 WIB
Pelatih ganda campuran nasional, Richard Mainaky (kiri) memberikan latihan kepada Melati Daeva Oktav
Pelatih ganda campuran nasional, Richard Mainaky (kiri) memberikan latihan kepada Melati Daeva Oktav

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, masih memiliki ambisi untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 bersama pasangan barunya, Winny Oktavina Kandow.

Sepanjang kariernya, Tontowi sudah dua kali berpartisipasi pada Olimpiade bersama Liliyana Natsir yakni di Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio 2016.

Pada 2012, Tontowi/Liliyana berada di urutan keempat. Empat  tahun kemudian, keduanya berhasil meraih medali emas.

"Ini satu hal yang positif bahwa mereka baru dipasangkan, tetapi Tontowi sudah punya gambaran bahwa Winny adalah pasangannya untuk Olimpiade Tokyo 2020. Tontowi bukan cuma ingin berangkat, tetapi dia ingin meraih hasil maksimal," kata pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, ditemui BolaSport.com di pelatnas, Cipayung, Jakarta.

Menurut Richard, pihaknya harus punya perhitungan secara rinci agar Tontowi/Winny bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Penyebabnya, Tontowi/Winny baru dipasangkan pada Spain Masters 2019 (19-24 Februari) dan penghitungan poin Olimpiade dilakukan sejak April tahun ini.

"Untuk pengumpulan poin butuh perhitungan detail. Jadi, saya berkonsultasi dengan Kasubid Hubungan Internasional PBSI Bambang Roedyanto untuk memastikan turnamen mana saja yang akan diikuti Tontowi/Winny supaya tidak tertinggal pengumpulan poinnya," ujar Richard.

Menurut Richard, kondisi seperti ini sudah pernah dia alami pada Praveen Jordan/Debby Susanto menjelang Olimpiade Rio 2016.

Baca Juga : Spain Masters 2019 - Tontowi/Winny Hadapi Wakil China di babak pertama



Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BolaSport.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X