IDBYTE ESPORTS 2019 - Menkominfo Rudiantara: Jangan Remehkan Atlet eSports!

By Firzie A. Idris - Selasa, 27 Agustus 2019 | 18:31 WIB
Menkominfo RI, Rudiantara, memberikan sambutan di acara konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019, Jakarta, pada Selasa (27/8/2019).
ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM
Menkominfo RI, Rudiantara, memberikan sambutan di acara konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019, Jakarta, pada Selasa (27/8/2019).

BOLASPORT.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, memberikan dukungan penuh bagi berkembangnya ekosistem eSports di Indonesia. Baginya, eSports harus dikembangkan mengingat banyaknya potensi keuntungan yang bisa didapat dari industri relatif baru ini.

Rudiantara menyampaikan hal ini pada konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019, konferensi teknologi dwi tahunan di Indonesia yang pada tahun ini fokus ke industri eSports.

Menurutnya, perkembangan dunia eSports harus dilihat sebagai potensi yang harus di-manage dengan benar. Ekosistem industri ini sudah mulai bergerak bersama.

"Banyak juara dari Indonesia, baik individu atau tim, di turnamen-turnamen yang bergulir di luar negeri, termasuk yang difabel juga," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

"Perkembangan ini dilihat pemerintah sebagai potensi yang harus di-manage. Kita harus mencegah agar dunia game ini tidak menjadi ekses negatif, terutama kepada anak-anak dan bagaimana melibatkan sekolah serta orang tua," tutur Rudiantara lagi.

Baca Juga: IDBYTE ESPORTS 2019, Merangkul Fenomena Global dan Membawa Tema

Menurutnya, ada beberapa aspek dari dunia eSports yang bisa mencegah efek negatif tersebut dan memunculkan dampak positif.

"Pertama, adalah prestasi. Di SEA Games tahun ini eSports akan dipertandingkan, Asian Games 2022 juga bakal dipertandingkan. Saya yakin, pada waktunya, eSports juga akan dipertandingkan di Olimpiade," ucapnya melanjutkan.

Ia juga berharap ke depannya atlet-atlet Indonesia yang ikut bertanding dapat memberikan prestasi bagi Merah-Putih.

"Kita jangan meremehkan atlet eSports. Kalau dipertandingkan, eSports tidak beda dengan olahraga seperti catur. Esports memerlukan kemampuan otak dan fisik," tuturnya.



Editor : Firzie A. Idris

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X