Cerita Juergen Klopp, Debut Jadi Pelatih Dadakan hingga Bawa Liverpool Juara

By Finky Ariandi - Minggu, 5 April 2020 | 20:45 WIB
Ekspresi pelatih Liverpool, Juergen Klopp, saat timnya sukses meraih kemenangan 2-1 atas Bournemouth pada laga pekan ke-29 Liga Inggris, Sabtu (7/3/2020).
TWITTER.COM/LFC
Ekspresi pelatih Liverpool, Juergen Klopp, saat timnya sukses meraih kemenangan 2-1 atas Bournemouth pada laga pekan ke-29 Liga Inggris, Sabtu (7/3/2020).

BOLASPORT.COM - Juru taktik asal Jerman, Juergen Klopp, mengawali karier sebagai pelatih dadakan hingga membawa Liverpool menjuarai trofi Liga Champions 2018-2019.

Sebelum menjadi pelatih, Juergen Klopp menggeluti dunia sepak bola sebagai pemain di berbagai klub Bundesliga mulai 1987.

Kariernya sebagai pemain mengalami peningkatan sejak membela FSV Mainz dari tahun 1990 hingga 2001.

Menariknya, Klopp juga mengawali kariernya sebagai pelatih dadakan bersama Mainz pada bulan Februari 2001.

Keputusan tersebut diambil oleh presiden klub, Harald Strutz, karena dirinya mempercayai jiwa kepemimpinan, kemampuan, dan ambisi Klopp sebagai seorang juru taktik.

Baca Juga: Ingin Saingi Liverpool, Carlo Ancelotti Incar Dua Bintang Real Madrid

Adapun saat itu, Mainz berkompetisi di divisi kedua Bundesliga dan sedang berada di jurang degradasi menuju divisi ketiga kompetisi Liga Jerman.

"Situasi yang sedang dihadapi kami adalah kenyataan bahwa klub telah memecat tiga pelatih secara berurutan," kata Strutz dilansir BolaSport.com dari BBC.

"Kami memutuskan untuk menjadikannya pelatih dan itu mampu meledakkan emosi semua orang yang tinggal di kota ini. Namun, keputusan itu memulai waktu terbaik untuk klub," tutur Strutz melanjutkan.



Editor : Beri Bagja
Sumber : BBC

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X