Terima Dokumen Palsu, Timnas Malaysia Batalkan Proses Naturalisasi Pemain Asal Afrika

By Metta Rahma Melati - Rabu, 8 Juli 2020 | 15:10 WIB
Pemain timnas Malaysia memberikan penghormatan ke suporternya seusai mengalahkan timnas Sri Lanka pada laga persahabatan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 5 Oktober 2019.
TWITTER.COM/FAM_MALAYSIA
Pemain timnas Malaysia memberikan penghormatan ke suporternya seusai mengalahkan timnas Sri Lanka pada laga persahabatan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 5 Oktober 2019.

BOLASPORT.COM - Timnas Malaysia menghentikan proses naturalisasi pemain asal Afrika setelah dokumen yang dibutuhkan tidak asli.

Pemain asal Afrika, Marcel Kasongo Kalonda mengaku memiliki hubungan keturunan dengan Malaysia.

Beberapa hari lalum Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pun mengumumkan bahwa dokumen yang diberikan Kalonda dalam upaya untuk menjadi pemain naturalisasi tidak asli.

Di bawa peraturan FIFA, pemain kelahiran asing dapat mewakili tim nasional negara yang diadopsi jika ia memiliki orang tua atau kaken nenek dari negara tersebut.

Kalonda mengklaim bahwa ayah dan kakenya berasal dari Sabah.

Baca Juga: Kompetisi Dilanjutkan, 11 Pemain Klub Iran Positif Covid-19

Saat ini ia bermain untuk Zesco United di Zambia dan bermain sebagai bek.

BolaSport.com melansir dari New Straits Times, Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam mengatakan setelah semua desas-desus tentang niat Kalonda untuk bermain untuk Malaysia di media sosial, badan nasional menghubungi Kalonda.

Ia mengatakan FAM meminta darinya dokumen yang dapat mengkonfirmasi klaimnnya tentang ikatan leluhur ke Malaysia.

Dengan dokumen yang diberikan oleh Kalonda, FAM kemudian FA Kongo, konsulat Kongo di Malaysia dan juga Departemen Registrasi Nasional (NRD).



Editor : Metta Rahma Melati
Sumber : nst.com.my

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X