Sejak 2002, Hanya 1 Pembalap dari Tim Non-Jepang yang Jadi Juara Dunia MotoGP

By Lariza Oky Adisty - Senin, 16 November 2020 | 17:35 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menjadi juara MotoGP musim 2020 setelah seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 15 November 2020.
WWW.SUZUKI-RACING.COM
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menjadi juara MotoGP musim 2020 setelah seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 15 November 2020.

BOLASPORT.COM - Kesuksesan pembalap Suzuki Ecstark, Joan Mir, dalam meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 kian menegaskan dominasi tim balap Jepang pada olahraga motorsport tersebut.

Joan Mir berhasil mengunci titel kampiun dunia MotoGP 2020 usai menjalani balapan MotoGP Valencia 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020).

Meski tidak menempati posisi podium apalagi menjadi pemenang balapan, hasil finis di urutan ketujuh sudah cukup untuk mengantar Mir meraih gelar juara dunia musim ini.

Tambahan 9 poin membuat Joan Mir kini punya 171 poin, unggul 29 poin atas Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang ada di peringkat kedua klasemen pembalap.

Selisih poin tersebut sudah tidak bisa lagi dikejar karena kejuaraan dunia MotoGP 2020 hanya menyisakan satu seri balap lagi yakni MotoGP Portugal pada akhir pekan depan di Sirkuit Portimao.

Baca Juga: Joan Mir: Gelar Juara MotoGP 2020 Tetap Bernilai Tanpa Kehadiran Marc Marquez

Sementara itu, Suzuki menjadi tim Jepang berikutnya yang sukses mengantarkan pembalapnya menjadi juara dunia sejak era MotoGP dimulai pada tahun 2002.

Menariknya, sejak era baru tersebut dimulai, hanya Casey Stoner yang menjadi juara dunia di luar tim non-Jepang.

Stoner meraih gelar juara dunia MotoGP musim 2007 bersama Ducati yang merupakan tim pabrikan asal Italia.

Mundur ke belakang, Valentino Rossi tercatat menjadi juara dunia bersama dua tim berbeda dari Jepang, Honda dan Yamaha.



Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X