Aturan Gol Tandang Dihapus, AC Milan-Barcelona-Bayern Pernah Pakai buat Juara Liga Champions

By Dwi Widijatmiko - Jumat, 25 Juni 2021 | 06:45 WIB
AC Milan juara Liga Champions 2002-2003 dengan mendapatkan manfaat dari aturan gol tandang.
ACMILAN.COM
AC Milan juara Liga Champions 2002-2003 dengan mendapatkan manfaat dari aturan gol tandang.

BOLASPORT.COM - Aturan gol tandang, yang pernah membuat AC Milan, Barcelona, dan Bayern Muenchen menjuarai Liga Champions, resmi dihapus UEFA.

Aturan gol tandang pertama kali dipakai dalam kompetisi antarklub Eropa sejak 1965, yaitu di fase knock-out Piala Winners.

Dalam aturan yang dipakai di pertandingan dengan sistem dua leg ini, gol yang diciptakan sebuah tim dalam laga tandang berarti ganda.

Apabila head-to-head hasil dua tim dari dua pertandingan di dua leg seimbang, maka tim yang mencetak gol tandang lebih banyak akan lolos ke babak selanjutnya.

Pada Kamis (24/6/2021), UEFA resmi mengumumkan bahwa aturan gol tandang tidak akan dipakai lagi di Liga Champions dan Liga Europa 2021-2022.

Baca Juga: Hasil Liga Champions - Perjuangan Juventus hingga Extra Time Sia-sia, 10 Pemain Porto Lolos Pakai Gol Tandang

Sekarang apabila head-to-head hasil dua tim dari dua pertandingan di dua leg seimbang, laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu dan adu penalti.

UEFA berargumen bahwa aturan gol tandang malah membuat permainan menjadi defensif.

Tim yang menjadi tuan rumah tidak berani keluar terlalu menyerang karena takut kebobolan.



Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Sky Sports,UEFA

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X