Gelang Berwarna Jadi Simbol Ketatnya Protokol Kesehatan Liga 1 2021

By Mochamad Hary Prasetya - Rabu, 22 September 2021 | 05:45 WIB
Ilustrasi Liga 1.
NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM
Ilustrasi Liga 1.

BOLASPORT.COM - Ketat! Menjadi kata pertama untuk menggambarkan ketatnya protokol kesehatan (prokes) di kompetisi BRI Liga 1 2021-2022. Prokes secara ketat memang harus diterapkan. Tujuannya supaya BRI Liga 1 2021-2022 bisa berjalan dengan lancar hingga selesai.

Hampir 1,6 tahun Indonesia tanpa kompetisi sepak bola. Pandemi Covid-19 yang mulai datang pada Maret 2020 menghancurkan semuanya, termasuk dunia olahraga salah satunya sepak bola. Setelah melewati polemik panjang lebar, PSSI memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan Liga 1 2020 yang saat itu sudah bergulir tiga pekan. Termasuk Liga 2 2020 yang baru mempertandingkan satu laga.

Nafas sepak bola di Indonesia kembali dengan adanya turnamen bergengsi bertajuk Piala Menpora 2021. Turnamen yang dijuarai oleh Persija Jakarta itu digelar pada 21 Maret sampai 25 April 2021. Piala Menpora 2021 digelar sebagai bentuk uji coba agar didapatkannya izin keramaian untuk kompetisi sesungguhnya yaitu Liga 1.

Singkat cerita, Piala Menpora 2021 bergulir lancar hingga selesai. Tidak ada klaster baru Covid-19 dalam turnamen tersebut. Artinya, penerapan prokes dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berjalan dengan lancar. Baik itu di dalam ataupun di luar lapangan.

Kesuksesan Piala Menpora 2021 membawa angin segar ke PSSI dan PT LIB. Pemerintah Indonesia akhirnya mengizinkan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu bergulir. Syaratnya masih sama harus tetap menerapkan prokes dan diharapkan tidak adanya klaster baru Covid-19.

Mau tidak mau, sanggup tidak sanggup, PSSI dan PT LIB setuju. Sebab, sepak bola di Indonesia harus berjalan. Hal tersebut demi mensejahterahkan ekonomi bagi orang-orang yang menggantungkan hidupnya di dunia sepak bola. Kick off BRI Liga 1 2021-2022 pun digelar pada 27 Agustus lalu dengan mempertandingkan Bali United kontra Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kabar Baik!, Pemain Timnas Indonesia Diperbolehkan Kembali ke Klub saat Ada Pertandingan

Demi lancarnya pertandingan BRI Liga 1 2021-2022, PT LIB mengubah format pertandingan yang belum pernah dilakukan di Indonesia. Sistem series diterapkan PT LIB dan menggelar seluruh pertandingan BRI Liga 1 2021-2022 di Pulau Jawa tanpa penonton. DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, menjadi tempat series pertama.

Series pertama ini sudah berlangsung hingga pekan keempat. Sudah enam venue yang dipakai pada series pertama ini yakni SUGBK (Jakarta), Stadion Madya (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung). Dengan menggunakan sistem series, peserta-peserta BRI Liga 1 2021-2022 wajib berada di Jabodetabek dan Bandung sampai enam pertandingan selesai.



Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X