Dear Arema FC, Los Galaticos di Liga Indonesia Bukan Jaminan Gelar Juara

By Sasongko - Jumat, 8 April 2022 | 21:45 WIB
Sesi pengenalan pemain baru Arema FC, Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola, dan Rendika Rama, Kamis (7/4/2022)
ISTIMEWA
Sesi pengenalan pemain baru Arema FC, Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola, dan Rendika Rama, Kamis (7/4/2022)

BOLASPORT.COM - "Los Galaticos" bukanlah barang baru di kompetisi sepak bola Indonesia. Sudah banyak klub yang mencoba menerapkan skema diatas, banyak dari mereka yang berakhir tragis.

Label "Los Galaticos" tak hanya berlaku bagi Real Madrid di Liga Spanyol saja dan Arema FC bukanlah tim pertama di Indonesia yang memperkenalkan istilah itu.

Jika dilihat sejarahnya, label "Los Galaticos" ini tidak berlaku eksklusif di Liga Indonesia. Sejumlah klub pernah mencoba melakukannya.

Di era Liga Indonesia, mungkin Pelita Jaya yang bisa dikatakan mengawali proyek ini di musim 1996/97.

Saat itu, tim masih bernama Pelita Mastrans membangun tim dengan merekrut top skor musim lalu, Dejan Glusevic, Maboang Kessack, dan legenda Timnas Kamerun Roger Milla.

Baca Juga: Puasa di Negeri Orang, Saddil Ramdani Akui Rindu Makanan Khas Kampung Halaman

Menggunakan tiga pemain asing merupakan sesuatu yang langka kala uty. Sayangnya di musim tersebut, Pelita Jaya gagal jadi juara usai tersingkir di babak 8 besar.

Nama-nama pemain timnas seperti Indriyanto Nugroho, Ansyari Lubis, I Made Pasek Wijaya, Listianto Raharjo, dan Kurniawan Dwi Yulianto juga ikut direkrut, namun sayang Pelita Jaya tak pernah jadi juara hingga saat ini.

PSPS Pekanbaru pada musim 2001 tentu jadi contoh klub Galaticos berikutnya dengan merekrut sejumlah bintang Timnas seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Bejo Sugiantoro, Aples Tecuari, Hendro Kartiko, hingga Edu Juanda.



Editor : Bagas Reza Murti
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X