Diumumkan Jauh Sebelum Mandalika, MotoGP Finlandia Masih Urung Digelar Sampai 2022

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 25 Mei 2022 | 18:50 WIB
Enam pembalap penguji MotoGP berpose sebelum menjalani tes di KymiRing, Finlandia, pada Minggu (18/9/2019).
MOTOGP.COM
Enam pembalap penguji MotoGP berpose sebelum menjalani tes di KymiRing, Finlandia, pada Minggu (18/9/2019).

BOLASPORT.COM - Seri balap MotoGP Finlandia resmi dibatalkan. Negara asal legenda balap, Jarno Saarinen, itu harus bersabar menanti kembalinya hajatan MotoGP.

Kembalinya GP Finlandia ke kalender kejuaraan MotoGP sejak edisi terakhir pada 1982 sebenarnya sudah diumumkan sejak lama.

Pada 2016 Dorna Sports selaku promotor MotoGP meneken kerja sama untuk balapan baru di Finlandia, tiga tahun sebelum kontrak MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika diresmikan.

Namun, wacana balapan di sirkuit anyar, Kymi Ring, belum kejadian sampai sekarang meski awalnya diestimasikan siap digelar pada 2018.


Pembangunan Kymiring yang molor membuat balapan MotoGP Finlandia ditunda sampai musim 2020.

Apes, ketika sirkuit sudah dijajal pembalap penguji pabrikan MotoGP, GP Finlandia dibatalkan dua kali pada 2020 dan 2021 gegara pandemi Covid-19.

Ketika MotoGP Indonesia, yang molor setahun, akhirnya bergulir pada musim ini, persiapan GP Finlandia masih belum baik-baik saja.

MotoGP dalam laman resmi menyebut proses homologasi yang belum selesai dan situasi geopolitik di wilayah Finlandia menyebabkan GP Finlandia kembali dibatalkan.

Finlandia merupakan negara tetangga Rusia yang terlibat konflik militer dengan Ukraina sejak Februari silam.

Baca Juga: MotoGP Italia 2022 - Marc Marquez Tak Pasang Target Tinggi di Mugello



Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X