Akhiri Perjalanan di MotoGP, Suzuki Akan Tutup Semua Akun Media Sosialnya

By Wawan Saputra - Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:15 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins merayakan kemenangan pada MotoGP Australia 2022, Minggu (16/10/2022). Kemenangan Rins di GP Australia dan GP Valencia membuat Suzuki keluar dengan kepala tegak.
MOTOGP.COM
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins merayakan kemenangan pada MotoGP Australia 2022, Minggu (16/10/2022). Kemenangan Rins di GP Australia dan GP Valencia membuat Suzuki keluar dengan kepala tegak.

BOLASPORT.COM - Pamitnya Suzuki dari MotoGP dan ajang balap motor lain akan paripurna saat mereka menghapus semua jejak di dunia maya pada akhir tahun ini.

Suzuki merupakan salah satu pabrikan yang memiliki sejarah panjang di kelas utama MotoGP.

Mereka memulai kiprah balap motor grand prix dengan mengikuti balapan legendaris, Isle of Man TT, pada 1960.

Tahun berikutnya mereka mencoba tampil secara penuh di kejuaraan dunia tetapi mundur di tengah musim setelah hasil kurang memuaskan.

Gelar juara dunia pertama akhirnya datang kepada pabrikan Hamamatsu pada 1962 melalui Ernst Degner di kelas 50cc.

Tahun berikutnya Hugh Anderson membawa Suzuki menjadi double champions di kelas 50cc dan 125cc.

Adapun di kelas para raja, Suzuki harus menunggu sampai 1976. Barry Sheene membawa motor Suzuki RG500 menjadi juara dengan lima kemenangan pada musim itu.

Suzuki telah menjadi juara dunia kelas premier sebanyak enam kali melalui Sheene (1976, '77), Marco Lucchinelli ('81), Franco Uncini ('82), Kenny Roberts Jr. (2000), dan terakhir adalah Joan Mir (2020).

Mengenai kesuksesan Mir, pembalap asal Mallorca itu akhirnya memberikan kepuasan kepada Suzuki setelah kembali dari masa hiatus pada 2012-2013.

Baca Juga: Bos LCR Sebut Kekacauan di Honda Lebih Buruk dari yang Diperkirakan



Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X