Wow, Guardiola Sudah Belanja Rp 15,4 Triliun Nih! Siapa 10 Pemain Termahal?

By Septian Tambunan - Rabu, 26 Juli 2017 | 15:31 WIB
(ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM)

Manajer Manchester City, Josep Guardiola (46), dikenal sebagai pelatih yang selalu memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada talenta muda. Namun, tidak disangka dia juga gemar menghamburkan uang.

Kedatangan Benjamin Mendy dari AS Monaco dengan banderol 57 juta euro membuat Josep Guardiola nyaris mengucurkan satu milliar euro sejak dia berkarier sebagai juru taktik.

Musim panas termewah

Dari pengalaman sembilan musim melatih sejak 1 Juli 2008, Guardiola menjadikan musim panas ini sebagai yang termewah.

Total, Man City dipaksa merogoh kocek 240 juta euro oleh Guardiola. Catatan tersebut cuma kalah dari Real Madrid pada musim 2009-2010 ketika merekrut Cristiano Ronaldo dan Kaka.

Sekadar mengingatkan, kucuran Real Madrid saat itu adalah pembelian total terboros yang pernah dilakukan sebuah klub di bursa transfer.

Manchester City terkaya

Guardiola telah memimpin tiga tim dalam karier kepelatihannya dan Manchester City dapat dikatakan klub terkaya karena pembeliannya berada di atas FC Barcelona dan Bayern Muenchen.

Sejak pindah ke Manchester, Guardiola sudah merogoh kocek 453 juta euro. Adapun, empat tahun di Barcelona 'cuma' 341 juta euro dan tiga tahun di Bayern 'sekadar' 203 juta euro.

Artinya, Guardiola total sudah menyemprotkan dana 997 juta euro (sekitar Rp 15,4 triliun).